Di Probolinggo, Upacara HUT RI Dilakukan di Kuburan

Upacara kemerdekaan ke-74 RI di tempat pemakaman umum (TPU) Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, ratusan warga Kampung Melayu, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar upacara bendera merah putih di tempat pemakaman umum (TPU) setempat Sabtu (17/8/2019).

Merekapun berkaian unik seperti pakaian hantu kuntilanak, pocong dan pakaian pejuang. Para warga di RT 02 RW 02 tersebut kompak untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini. Selain berpakaian hantu dan pejuang, mereka juga berpakaian adat bangsa Indonesia.

Buamin salah satu peserta upacara dengan kostum hantu mengatakan, ia sengaja mengenakan dan berpenampilan layaknya hantu hanya untuk memeriahkan hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-74.

“Saya merasa bangga dengan berpakaian seperti ini. Karena saya masih bisa memeriahkan upacara kemerdekaan ini,” kata Buamin, usai upacara.

Ia mengaku dengan berpakaian hantu kuntilanak ada kesulitan proses berdandan bahkan saat upacara berlangsung ia merasa kepanasan karena terkena terik matahari, dan wajahnya gatal karena riasan bedak putih tebal.

Sementara itu, Husnul Khotimah Ketua RW 02 Kampung Melayu, Kraksaan Wetan menyampaikan, pihaknya sengaja menggelar upacara bendera di area pemakaman sebagai tanda penghormatan terakhir kepada para pahlawan, yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

“Kami berharap dengan diadakannya upacara bendera di kuburan ini, bisa lebih memacu semangat warga Kampung Melayu  untuk selalu memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif,” ungkap Khotimah.