Waspada Guys Cuaca Buruk 3 Hari ke Depan, di Mana Saja?

prakiraan cuaca di Indonesia. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Cuaca buruk dalam beberapa hari ke depan berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Itu berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menunjukkan muncul aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO).

Aktivitas tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan yang lumayan signifikan. Alhasil, curah hujan tinggi alias hujan lebat diperkirakan bisa terjadi di sejumlah wilayah dalam tiga hari ke depan, terhitung sejak hari ini, 26-28 Agustus 2019.

Sementara warga yang perlu waspada dengan potensi cuaca buruk itu adalah mereka yang tinggal di beberapa wilayah, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi. Selain itu, warga di Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua, dan Jawa Barat.   

Dan ternyata bukan cuma hujan lebat yang perlu diwaspadai lho, tapi juga ada potensi gelombang tinggi antara 2,5 sampai 4 meter di sejumlah perairan Indonesia. Perairan yang berpotensi alami gelombang tinggi, yakni Perairan Utara Sabang, Perairan Sabang, Banda Aceh, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Sawu-Pulau Rote, L.Sawu bagian Selatan, Laut Timor Selatan NTT, Samudra Hindia Barat Sumatera hingga Selatan NTT.

Mengingat potensi cuaca buruk ini bagi pelayaran, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo mengingatkan kepada kapal-kapal yang berlayar untuk memperhatikan risiko angin dan gelombang yang bisa membahahayakan keselamatan mereka. Dia menginformasikan waspada untuk kapal pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

"Untuk kapal tongkang pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter," kata dia, dikutip dari VIVAnews.

Kalau kapal ferry perlu mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sementara kapal kargo dan kapal pesiar waspada dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

BMKG pun mengimbau masyarakat hati-hati terhadap potensi cuaca buruk dan gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut. Nah, jika ingin mendapatkan informasi kekinian soal cuaca, kamu bisa buka layanan informasi cuaca 24 jam lewat call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, @infobmkg, atau langsung hubungi kantor BMKG terdekat. (tsy)