Hari Ini Jokowi Bakal Jawab Teka-teki Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • tvOne

VIVA –Polemik wilayah yang akan dijadikan Ibu Kota Baru Republik Indonesia akan segera terjawab. Hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menggelar jumpa pers terkait pemindahan ibu kota di Istana Negara pukul 13.00 WIB.

Hal ini terungkap setelah akun YouTube resmi Sekretariat Presiden mengunggah video mengenai rencana pengumuman ibu kota baru yang berjudul "Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru".

Video dibuka dengan kilas balik pada sidang paripurna Nota Keuangan pada 16 Agustus 2019. Di mana Jokowi meminta izin untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, pihaknya memang tidak ingin tergesa-gesa. “Kami tidak ingin tergesa-gesa, tapi kalau bisa secepatnya,” kata Jokowi dalam cuplikan video tersebut.

Adegan berlanjut saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke beberapa lokasi calon ibu kota baru. Video kemudian ditutup dengan pemberitahuan pengumuman yang disiarkan secara langsung siang ini dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah menyebutkan tiga provinsi yang jadi kandidat kuat calon ibu kota RI yang baru, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Titik terang mulai terungkap dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil. Pada rapat tentang RUU pertanahan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Sofyan sempat menyebut jika ibu kota negara adalah Kalimantan Timur.

"Iya Kaltim benar tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana belum," kata Sofyan, Kamis 22 Agustus 2019, dilansir dari laman VIVAnews.

Namun pernyataan Sofyan Djalil itu sempat disanggah oleh Jokowi. Jokowi mengaku jika pemerintah belum menentukan provinsi yang akan menjadi ibu kota baru karena masih ada kajian yang belum selesai. Meski begitu, mantan gubernur DKI Jakarta itu enggan menjelaskan lebih detil apa kajian yang belum usai tersebut, lantaran laporannya belum diterimanya. Tapi rasa penasaran publik bakal segera terjawab siang ini.