Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 26 Agustus 2019 | 14:48 WIB

Jokowi Sebut Minim Bencana, Mei Lalu Kabupaten Paser Diguncang Gempa

Team VIVA »
Rochimawati
Foto :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana
Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.

VIVA – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan lokasi ibu kota baru yaitu di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kuta Kartanegara, Kalimantan Timur. 

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi saat jumpa pers pengumuman lokasi ibu kota baru di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019. 

Baca Juga

Kenapa di Kaltim, menurut Jokowi karena Kaltim risiko bencana minimal, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, gunung berapi dan tanah longsor. 

“Kaltim cenderung minim risiko bencana baik kebakaran hutan maupun gempa, lokasi juga strategis, berada di tengah Indonesia, dekat wilayah kota yang sudah berkembang," kata Jokowi.

Terpopuler

Namun berdasar catatan VIVA.co.id, tahun ini saja telah terjadi gempa bumi di Kalimantan Timur. 

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur diguncang gempa tektonik hari Minggu, 19 Mei 2019, pukul 20.13.07 WIB,

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan M=4,1," kata Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono. 

Baca juga: 5 Fakta Kebiri Kimia, Hukuman untuk Predator Seks di Mojokerto

Daryono menambahkan, wilayah Kabupaten Paser adalah kawasan yang paling sering terjadi gempa di Provinsi Kalimantan Timur. Data katalog gempa BMKG mencatat di wilayah ini sudah terjadi gempa sebanyak 10 kali dengan magnitudo kurang dari M=5,0. 

"Hal ini wajar mengingat di wilayah Kabupaten Paser ini merupakan kawasan perlintasan jalur Sesar Adang/Paternoster yang berarah tenggara-barat laut. Sesar ini dari Kalimantan menerus ke arah timur menyeberang Selat Makassar hingga Sulawesi Barat," tuturnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Lagi, Polisi Tangkap Delapan Pembakar Hutan dan Lahan
TVONE NEWS - 2 jam lalu