Trafo PLN di Telkom Papua Terbakar, Listrik Aman

Ilustrasi petugas PLN periksa kabel listrik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA – Ribuan orang kembali menggelar demonstrasi di Kota Jayapura, Papua, Kamis 29 Agustus 2019. Akibat dari adanya gangguan keamanan itu, gedung Majelis Rakyat Papua dikabarkan dibakar.

Tak hanya itu, gedung Telkom Indonesia yang berada di kota tersebut juga hangus dilalap api. Dampaknya, layanan Telkomsel di sebagian wilayah Base G dan Abepura tidak beroperasi, termasuk IndiHome di wilayah Abepura.

"Layanan telepon dan pesang singkat Telkomsel di Papua, untuk sementara mengalami gangguan. Kami sedang mengusahakan percepatan solusi perbaikan, agar layanan Telkomsel bisa kembali normal," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

Sementara itu, Vice President Public Relation Perusahaan Listrik Negara, Dwi Suryo Abdullah mengungkapkan, ada penyulang atau trafo yang ikut terbakar di dekat lokasi gedung Telkom.

Baca juga: Jayapura Rusuh, Gedung Telkom Dibakar dan Layanan Alami Gangguan

“Pengecekan penyulang yang sempat terbakar, sedang dilakukan oleh petugas PLN, untuk upaya penormalan,” ungkapnya melalui keterangan tertulis.

Dwi menjelaskan, masyarakat Papua tidak perlu khawatir soal pemadaman listrik. Sebab, semua sistem PLN beroperasi secara normal.

“Upaya pengamanan dilakukan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, kondisi dapat segera kondusif,” jelasnya.