Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 29 Agustus 2019 | 20:36 WIB

Pelantikan Kades Di Kabupaten Malang Disambut Demo Warga

Foto :
  • timesindonesia
Masyarakat Desa Pandesari saat menggelar demo Pilkades (foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

Pelantikan kepala desa (kades) di Pendapa Agung Kabupaten Malang, diwarnai aksi demo oleh puluhan warga Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kamis (29/8/2019).

Puluhan warga mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Pandesari Peduli Keadilan ini, demo di depan Pendapa Agung Kabupaten Malang menolak pelantikan Kades Pandesari terpilih.

Baca Juga

Dalam melaksanakan aksinya, warga membawa berbagai tulisan sebagai bentuk protes diantaranya, "Tolak Pelantikan Kades Pandesari Terpilih" dan "Panitia Tidak Netral".

"Proses Pilkades diwarnai berbagai kecurangan. Maka dari itu, kami menolak pelantikan ini," ujar koordinator aksi, Kiswanto.

Terpopuler

Lebih lanjut dia menjelaskan berbagai kecurangan itu telah merugikan masyarakat.

"Ini merupakan pengkhianatan sistem demokrasi. Lantaran banyak terjadinya kecurangan," katanya.

"Panitia pelaksana juga tidak netral. Sehingga terjadi kecurangan saat dilakukan proses Pilkades tersebut," sambung Kiswanto.

Maka dari itu, pihaknya bersama warga yang melakukan demo tersebut menuntut pembatalan pelantikan Kades Pandesari terpilih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji mengatakan, masalah Pilkades Pandesari sebenarnya sudah selesai.

"Bapak Plt Bupati Malang sudah berkirim surat jawaban terkait masalah Pilkades Pandesari. Demo yang dilakukan tidak berarti apa-apa," ungkapnya.

Selanjutnya dia mempersilakan masyarakat Desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang yang mempersoalkan Pilkades supaya menggunakan langkah hukum lainnya yakni mengajukan gugatan ke PTUN.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Erick Thohir Bicara Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina
BERITA - 2 jam lalu