Sebelum Dikeroyok Polisi Hingga Tewas, Zainal Abidin Gigit Polantas

Kantor Polres Lombok Timur
Sumber :
  • Google Maps

VIVA – Kepolisian Resor Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menyangkal bahwa Zainal Abidin tewas akibat dianiaya anggota polisi yang dipicu keributan usai dilakukan tindakan penilangan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnama, memang terjadi keributan di kantor Satlantas ketika Zainal Abidin datang untuk menanyakan kondisi sepeda motor miliknya yang disita polisi. Dan ketika itu Zainal Abidin diamankan dan dibawa ke kantor Satresmkrim.

Zainal Abidin dibawa ke penyidik Reskrim karena memukul dan menggigit jari seorang petugas kepolisian ketika terjadi keributan.

"Akan tetapi, Zainal Abidin bertanya dengan nada keras dan langsung memukul dan menggigit tangan, tepatnya jari telunjuk sebelah kanan anggota Patwal. Kemudian korban sebagai anggota Polri langsung meringkus dan berhasil menghentikan aksi pelaku sehingga pelaku berhasil diamankan," ujarnya.

Namun, Purnama tak menceritakan adanya tindakan pengeroyokan di ruang Reskrim saat pemuda 29 tahun itu diperiksa penyidik.

"Pada saat pelaku dimintai keterangan oleh anggota Satuan Reskrim Lombok Timur, tiba-tiba pelaku tidak sadarkan diri dan terjatuh dari tempat duduknya," kata Purnama

Lanjut Purnama, berdasarkan keterangan keluarga, Zainal Abidin memiliki riwayat penyakit kejiwaan dan rutin mengkonsumsi obat. Dan itu diduga menjadi penyebab kematian korban.

Apa yang disebutkan Kombes Pol Purnama ini berbagai jauh dengan apa yang diceritakan salah seorang keluarga korban yang bernama Heri.

Menurut Heri, Zainal digelandang ke ruang penyidik Reserse Kriminal Polres Lombok Timur. Dan Zainal dituduh sudah melakukan penyerangan terhadap polisi.

"Tapi sampai di ruang penyidik, begitu tahu kasusnya adalah memukul polisi, banyak polisi yang ikut mengeroyok dia," ujar Heri.

Akibat pengeroyokan itu Zainal jatuh dan tak sadarkan diri. Dalam kondisi kritis polisi melarikan Zainal ke rumah sakit. Namun nyawa Zainal tak tertolong. Dia tewas dengan kondisi tubuh penuh luka lebam.

"Saat mandikan jenazah itu banyak sekali luka. Lebam di mata kanan, di telinga bengkak, sampai kaki biru kayaknya ditendang," katanya.

Baca: Cuma Gara-gara Tilang Zainal Abidin Dikeroyok Polisi Sampai Tewas