Absen saat Pemakaman, Xanana Gusmao Melayat ke Rumah Duka BJ Habibie

Xanana Gusmao mencium kening BJ Habibie.
Sumber :
  • Twitter @KatolikG

VIVA – Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah berpulang pada 11 September 2019. Kepergian Bapak Teknologi Indonesia untuk selamanya itu menjadi duka bagi berbagai kalangan.

Sosok BJ Habibie meninggalkan kesan mendalam bagi orang di sekitarnya serta banyak tokoh publik. Salah satunya mantan gerilyawan dan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao.

Habibie memang punya ikatan sejarah dengan Timor Leste. Negara itu dulu bernama Timor Timur yang merupakan provinsi ke-27 Indonesia. BJ Habibie memberikan opsi referendum di mana hasilnya Timor Leste lepas dari Indonesia. Pria bernama lengkap Kay Rala Xanana Gusmao itu pun menjadi presiden Timor Leste yang pertama.

Xanana Gusmao jengkuk Habibie

Ketika almarhum BJ Habibie masih menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, ternyata Xanana pernah datang menjenguknya. Hal itu diketahui lewat sebuah video singkat yang diposting oleh akun Twitter @KatolikG. Terlihat jelas ikatan batin antar kedua tokoh tersebut.

Saat dikunjungi Xanana Gusmao, Habibie terlihat masih bisa berkomunikasi. Dalam momen haru itu, tampak Xanana mencium kening Habibie yang tengah berbaring lemah di tempat tidur. Mereka terlihat berbincang sesaat kemudian berpelukan.

Kirimkan karangan bunga

Saat Habibie wafat memang tidak terlihat sosok Xanana. Pun saat prosesi pemakaman berlangsung, Xanana tidak menghadirinya. Tapi salah satu tokoh pendiri Timor Leste itu mengirimkan karangan bunga untuk Habibie yang dipanggilnya ‘kakak’.

Karangan bunga itu bertuliskan:

PROFOUN CONDOLENCES

With Hearthfelt sympathy For The Loss of Big Brother President BJ Habibie.
Timorese People Will Remember You Forever
Rest In Peace

Simpati dan belasungkawa terdalam disampaikan oleh rakyat Timor Leste, di mana mereka akan selalu mengingat sosok Habibie.

Melayat ke rumah duka

Kabar kedatangan Xanana Gusmao yang akan melayat sebelumnya telah disampaikan oleh Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dikutip dari VIVAnews. Setelah mendarat di Jakarta, Xanana langsung menuju rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan. Ia tiba di rumah duka sekitar pukul 20.30 WIB, tidak lama setelah acara tahlilan dan doa selesai.

Mengenakan kemeja putih dan jas hitam, Xanana tidak berkomentar meski dicecar banyak pertanyaan oleh awak media. Dia sempat bertemu dan ngobrol sejenak dengan politikus senior Partai Golkar, Akbar Tanjung. Setelah itu Xanana diterima pihak keluarga BJ Habibie lalu masuk ke dalam rumah duka.