Kebakaran Hutan, Warganet Minta Tolong karena Sulit Bernapas

Kebakaran hutan di Gunung Merbabu terlihat dari Selo, Boyolali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Kebakaran hutan berdampak besar bagi masyarakat yang tinggal di Kalimantan dan juga Sumatera. Komentar keprihatinan dari warganet pun ramai di jagat media sosial, Twitter. 

Seperti akun Twitter Kontras membandingkan keadaan polusi udara di Jakarta dan kebakaran hutan saat ini. Tak lupa dalam cuitannya itu juga dilengkapi unggahan tangkapan layar dari keadaan udara di wilayah Pekanbaru dan Palangka Raya. 

Warganet lainnya mulai berteriak soal buruknya kualitas udara di sekitar hutan yang terbakar itu. Akun @uhnomistress mengatakan jika dirinya tinggal di Malaysia dan mengunggah keadaan langit yang sangat pekat di sana dan membayangkan keadaan di Indonesia.

Baca juga: Penonton Drama Korea Kafir: Ustaz Abdul Somad Vs NU

Berbagai tagar juga menyerbu lini masa Twitter soal kebakaran hutan mulai dari #asapriau #saveriau hingga #hukumpembakarhutan. 

Akun @nonamiiiii tweet meminta pertolongan karena sulit untuk bernapas. Dia juga menambahkan serangkaian tagar yang berkaitan dengan kebakaran hutan.

 

Dia juga mengunggah tangkapan layar keadaan udara di Baserah, Riau. Keterangan dalam aplikasi itu menunjukkan kualitas udara yang berbahaya. 

Tagar #savekalimantan juga terlihat. Warganet meminta doa agar kejadian ini cepat berlalu. Selain itu juga ada pula yang meminta pemerintah untuk peduli terhadap masalah ini.