Kebakaran Terjadi di Area Bandara Kertajati Majalengka

Kebakaran di Areal Bandara Kertajati
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Video kebakaran yang diduga terjadi di areal Bandara Kertajati, Jawa Barat, beredar di media sosial pada Sabtu malam, 28 September 2019. Video tersebut cukup membuat panik warga karena api tampak berkobar besar.

Mengutip VIVAnews, berdasarkan laporan yang diterima, kebakaran terjadi di ujung landas pacu (runway) 32. Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono, mengatakan, kebakaran tidak meluas ke area utama bandara.

Sementara akibat kebakaran tersebut, penerbangan maskapai Lion Air JT 950 rute Batam-Kertajati dan JT 902 rute Deliserdang-Kertajati dialihkan mendarat menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Walau sempat dua maskapai divert menuju Bandara Soekarno Hatta, namun saat ini operasional penerbangan, take off dan landing sudah dapat dilakukan karena kebakaran telah dapat diantisipasi dengan cepat," ujar Nur Isnin Istiartono kepada VIVAnews.

Pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Kertajati, melalui akun Twitter resminya, menjelaskan, kebakaran terjadi di area lahan luar bandara. Sejak sekitar satu jam lalu, kebakaran pun sudah dalam penanganan petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

"Dapat kami informasikan bahwa peristiwa kebakaran terjadi di luar area Bandara Kertajati dan tidak mengganggu operasional bandara. saat ini kebakaran sedang ditangani oleh petugas  PKP-PK di lokasi. Berdasarkan informasi terakhir, saat ini kebakaran dalam tahap akhir penanganan dan akan segera padam. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih," tulis admin @contactap2 memberi keterangan.

Pihak Angkasa Pura II pun memperbaharui informasinya beberapa menit lalu. Mereka menyebut, kebakaran terjadi di lahan dekat area gudang kargo Bandara Kertajati. Saat ini, api sudah berhasil dipadamkan.

"Dapat kami informasikan bahwa peristiwa kebakaran lahan di area gudang kargo Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati saat ini telah berhasil dipadamkan oleh petugas PKP-PK di lokasi & saat ini aktivitas di bandara Kertajati kembali normal," tulisnya kemudian.