Polres Probolinggo Tangkap Pelaku Spesialis Pembobol ATM

Kapolresta Probolinggo menunjukkan barang bukti pembobolan ATM. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

 

Polisi masih terus melakukan perburuan terhadap dua pelaku pembobol ATM di Kota Probolinggo Jawa Timur. Sebelumnya, polisi sudah menangkap satu orang tersangka. Berdasar keterangan tersangka yang tertangkap, komplotan ini merupakan jaringan spesialis pembobol ATM asal Lampung.

Satu pelaku yang tertangkap adalah Rusli, 36 tahun. Sementara dua rekannya, yakni Anton, 40 tahun dan Hendri, 40 tahun, masih dalam pengejaran petugas. Ketiganya, merupakan warga Desa Banding, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Tenggumus, Lampung.

Komplotan pembobol mesin ATM ini, sangat lihai dan beraksi antar daerah. Bermodal peralatan hasil modifikasi, setidaknya sudah sembilan mesin ATM, yang berhasil dibobol komplotan ini. Semua mesin yang dibobol, merupakan mesin ATM BNI.

Kepada petugas, Rusli mengaku baru seminggu beraksi di Probolinggo, Jawa Timur.

“Kami berangkat dari Lampung menuju Bogor, lalu ke Probolinggo menggunakan mobil sewaan,” ujar Rusli, Selasa (1/10/2019).

Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambaryadi Wijaya menyebut, pihaknya masih melakukan pengejaran pada dua pelaku lain, yang berhasil kabur.

“Saat penangkapan kemarin, dua pelaku berhasil kabur menggunakan mobil ini. Tapi tak jauh dari TKP awal, pelaku menabrak pohon. Mobilnya macet. Tapi pelaku berhasil kabur,” terang mantan Kasubdit Jatanras Polda Jatim ini.

Kasus pembobolan ATM di Probolinggo, Jawa Timur, sudah dua kali ini terjadi. Sebelumnya, juga terjadi saat Kapolreta Probolinggo dijabat AKBP Alfian Nurrizal. Sasarannya, juga sama, mesin ATM BNI yang berada di depan pabrik textil Eratex.