Pasca Kerusuhan, Wamena Mulai Kembali Diterangi Listrik

Nyalakan lagi internet Wamena
Sumber :
  • Dokumen SafeNET

VIVA –  Kerusuhan yang berdampak pada perusakan sejumlah fasilitas di Wamene mulai berangsur pulih. Setelah sempat terganggu, aliran listrik di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua kini telah pulih 100 persen. Hal itu seiring dengan semakin kondusifnya situasi di Wamena dan kini warga yang ada di Wamena sudah dapat beraktivitas lagi.

"Saya sudah mendapat laporan lengkap dari PT PLN, listrik telah pulih," kata Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa 8 Oktober 2019 dilansir dari laman VIVanews.

Jhon menambahkan, setelah pasokan listrik mulai pulih, kini pemerintah memfokuskan untuk memperbaiki rumah dan kantor. Diharapkan dalam waktu dekat proses perbaikan itu segera selesai

"Dengan pemulihan listrik, kini fokus pemerintah Kabupaten yaitu merenovasi rumah dan kantor pemerintah yang rusak dan terbakar akibat kerusuhan lalu," ujarnya.

Menurut Jhon, pihaknya akan bekerja sama dengan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jhon yakin apabila kondisi rumah dan perkantoran yang rusak segera diperbaiki, Wamena akan kembali seperti semula dan kembali normal.

"Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk pembangunan rumah dan kantor tersebut," kata dia.

Seperti diketahui, setelah dua minggu lebih melakukan perbaikan untuk pasokan listrik, PT PLN (Persero) telah memulihkan 100 persen jaringan yang terdampak kericuhan di Wamena. Tetapi konsumsi listrik belum normal karena masih banyak rumah dan kantor yang rusak dan belum diperbaiki sehingga suplai listrik belum dapat dipenuhi.

General Manager PLN UIWP2B (Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat), J. A. Ari Dartomo mengatakan, pekerjaan yang dilakukan dalam pemulihan terdiri dari gardu, jaringan tegangan menengah (JTM) serta jaringan tegangan rendah (JTR) yang sudah kembali beroperasi seluruhnya. 

Saat ini sejumlah 142 gardu, 180 kms jtm dan 336 kms jtr telah beroperasi kembali. Perbaikan terakhir dilakukan di lokasi Hom-hom, sekitar 4 km dari pusat kota.

"Syukurlah kondisi kelistrikan di Wamena telah pulih. Terima kasih untuk kerja keras para petugas di lapangan serta bantuan dari anggota TNI dan Polri atas pengamanannya," tutur Ari.