Video Viral di Samarinda, Apa Sebenarnya Siluman Kuyang?

Ilustrasi siluman Kuyang
Sumber :

VIVA – Akhir pekan lalu, media sosial Twitter dihebohkan dengan kejadian yang langsung meledak viral. Apalagi kalau bukan munculnya siluman Kuyang yang tertangkap CCTV warga.

Dalam video tersebut, sosok yang diyakini Kuyang tersebut melintas ditengah permukiman dan langsung diburu oleh warga, yang diyakini di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pada Jumat siang, tercatat 20.000 lebih twit yang berbagi tentang Kuyang. Salah satu video yang berdurasi 1 menit 49 detik bahkan sudah ditonton 500.000 kali.

Tapi apakah sebenarnya Kuyang?

Sebenarnya siluman Kuyang adalah semacam makhluk halus yang diceritakan secara turun temurun di tengah masyarakat Indonesia. Kalau di Kalimantan namanya Kuyang, di Jawa ada Glundhung Pringis, Jrangkong, Cumplung dan lain-lain.

Sosok Kuyang sendiri cukup menakutkan. Kepala terbang, berambut panjang, berwajah pucat, ditambah organ-organ tubuh, penuh darah, dari leher ke bawah menggelantung tanpa badan.

Kuyang biasanya sosoknya perempuan dan keluar malam hari, mencari darah dari anak bayi atau ibu yang baru melahirkan. Siluman ini dipercaya sebagai wanita yang kena kutukan karena dosa-dosa yang dilakukannya selama masa hidupnya.

Tapi sebenarnya kuyang tak hanya ada di Indonesia, tapi juga menjadi cerita rakyat hampir seluruh negara kawasan Asia Tenggara.

Warga Kamboja memanggilnya Ahp, lalu di Laos diberi nama Kasu, sedangkan di Thailand sosok ini sangat populer dan disebut Krause.

Penampakan Kuyang di Thailand sendiri sudah beberapa kali tertangkap kamera CCTV. Tapi ini adalah yang pertama kali di Indonesia. Bahkan terdengar suara Kuyang berteriak usai ditangkap warga. Penasaran? Lihat dalam video di bawah ini.