Pidato Presiden, Jokowi: Jangan Terjebak Dalam Rutinitas yang Monoton

Joko Widodo Presiden RI
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Joko Widodo bercerita tentang menolak rutinitas yang monoton saat menjabat sebagai presiden di periode pertama. Yaitu saat melakukan halal bihalal dengan masyarakat di tahun pertama kepemimpinannya lima tahun lalu. 

"Protokol meminta saya untuk berdiri di titik itu. Tahun pertama saya ikut. Tahun kedua ada halal bihalal protokol meminta saya berdiri di titik yang sama di titik itu lagi, langsung saya bisik-bisik saya bilang ke mensetneg 'pak ayo kita pindah lokasi, kalau kita tidak pindah jadi kebiasaan di titik itu lagi," kata Joko Widodo, dalam pidato pelantikannya di gedung MPR RI, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. 

Dia mengatakan jika tetap berdiri yang sama menjadi kebiasaan. Nantinya bisa dianggap jadi aturan dan menjadi seperti undang-undang. 

Menurutnya aktivitas itu monoton dan rutinitas. Dia  mengingatkan jangan sampai bangsa Indonesia terjebak pada rutinitas yang monoton. 

"Dalam dunia yang penuh risiko yang sangat dinamis dan kompetitif mengembangkan cara baru nilai-nilai baru jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan," jelas dia. 

Jokowi mengatakan mendobrak rutinitas merupakan satu hal, dan meningkatkan produktivitas hal lain yang harus jadi prioritas. 

Selain itu, Presiden 2019-2024 ini mengingatkan jangan bekerja dengan orientasi pada proses. Namun harus pada hasil. 

"Hasil yang nyata. Saya sering mengingatkan beberapa menteri, tugas kita bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan. Tetapi tugas kita adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, pembangunan," kata Jokowi.