Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 21 Oktober 2019 | 06:21 WIB

Tangan Besi Jokowi untuk Birokrasi Asal Jadi

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • VIVA/M Ali Wafa
Presiden Joko WIdodo di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

VIVA – Jokowi langsung menggebrak usai dilantik bersama Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024. Ia akan bersikap tegas kepada siapa pun yang mencoba menghambat kesuksesan program pemerintah. Salah satunya birokrasi.

Dalam pidatonya usai pelantikan di Gedung DPR/MPR RI, Minggu, 20 Oktober 2019, Jokowi bercerita tentang kekecewaannya ketika bawahannya melaporkan sebuah program, yang katanya, sudah terlaksana. Padahal setelah dicek di lapangan belum.

Baca Juga

"Seringkali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya "Program sudah terlaksana Pak." Tetapi, setelah dicek di lapangan, saya tanya ke rakyat, mereka belum menerima manfaatnya," papar Jokowi.

Karena itu, belajar dari pengalamannya di periode pertama, Jokowi ingin birokrasi di bawah komandonya bersama jajaran menteri nanti bukanlah birokrasi yang kaleng-kaleng atau asal jadi.

"Saya sering ingatkan ke para menteri. Tugas kita bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tapi juga membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati hasil pembangunan," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ibarat WhatsApp

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jokowi: Tambahan Bantuan UMKM Harus Segera Dilakukan
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler