Kapolri Tito Karnavian Datangi Istana Merdeka, Soal Apa?

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Setelah sejumlah tokoh datang ke Istana Merdeka, Senin, 21 Oktober 2019, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga terlihat datang.

Namun berbeda dengan tokoh lain yang datang lebih dahulu ke Istana, Tito datang tetap dengan menggunakan seragam dinasnya. Tito datang ke Istana didampingi oleh beberapa pejabat kepolisian, salah satunya Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Muhammad Iqbal.

Soal pemanggilan dirinya ke Istana oleh Presiden Jokowi, Tito menuturkan, terkait keamanan dalam rangka pembentukan kabinet.

"Dipanggil Pak Presiden, saya pikir menanyakan situasi kamtibnas pascapelantikan, pengamanan dalam rangka pembentukan kabinet. Prinsip Polri, kami akan memberikan pengamanan terbaik demi negara," tuturnya, dikutip dari tvOne.

Sebelum Tito, beberapa tokoh yang hadir, yakni pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu, CEO Gojek Nadiem Makarim, mantan CEO NET TV Wishnutama, dan pengusaha Erick Thohir. Sejumlah nama yang dipanggil presiden disebut akan mengisi posisi menteri di Kabinet Kerja Jokowi jilid II.  

Sementara itu, nama-nama menteri Jokowi baru akan diumumkan Jokowi pada lusa atau Rabu, 23 Oktober 2019. Hal itu diungkapkan oleh Mahfud MD usai bertemu dengan Jokowi.

"Pengumuman (menteri) lusa, Rabu," ujarnya.