Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 23 Oktober 2019 | 01:05 WIB

Nadiem Makarim Punya Keluarga dari Intelijen

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • vstory
Pendiri Gojek Nadiem Makarim.

VIVA – Pendiri Gojek Nadiem Makarim dipastikan masuk ke dalam jajaran kabinet menteri Jokowi dan Ma'ruf Amin. Ia diprediksi bakal mengisi kursi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Menteri Ekonomi Digital.

Untuk pastinya, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara resmi akan mengumumkan sekaligus memperkenalkan 34 menteri dan 5 pejabat negara setingkat menteri pada Rabu hari ini, 23 Oktober 2019.

Baca Juga

Namun tahukah Anda, jika Nadiem Makarim punya keluarga dari dunia intelijen?

Berdasarkan data yang diolah VIVA, Nadiem adalah keponakan Zacky Anwar Makarim. Ia adalah pensiunan jenderal bintang dua dan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen ABRI (BIA/sekarang BAIS TNI) periode 1997-1999.

Sedikit informasi, BIA atau BAIS TNI awalnya bernama Pusat Psikologi Angkatan Darat (PSiAD) milik Markas Besar TNI Angkatan Darat untuk mengimbangi Biro Pusat Intelijen (BPI) di bawah pimpinan Subandrio, yang banyak menyerap PKI.

Lalu pada era Orde Baru, PSiAD berubah menjadi Pusat Intelijen Strategis (Pusintelstrat). Namun, muncul 'pesaingnya' bernama Satgas Intelijen Kopkamtib. Pada 1980, kedua lembaga mata-mata ini dilebur menjadi Badan Intelijen ABRI (BIA).

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jokowi: Tambahan Bantuan UMKM Harus Segera Dilakukan
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler