Rekam Jejak Erick Thohir, Menteri BUMN Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Erick Thohir datang ke Istana Kepresidenan Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan nama-nama menteri yang membantu pemerintahan untuk lima tahun ke depan, periode 2019-2024. Nah, salah satunya Erick Thohir, yang ditunjuk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Erick merupakan anak dari Teddy Thohir, lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Ia terkenal sebagai seorang pengusaha muda Indonesia, yang menorehkan banyak prestasi di dunia. Erick adalah pendiri Mahaka Group, induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan hiburan.

Bukan hanya itu, Erick juga sempat jadi pemilik saham salah satu klub sepakbola dunia yang berlaga di Seri A Liga Italia, yaitu Internazionale Milano (Inter Milan) pada November 2013.

Selain itu, ia juga memiliki klub sepakbola Amerika, yakni DC United dan pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Pada 7 September 2018, Erick diumumkan sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, untuk Pemilu 2019.

Akhirnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf berhasil meraih kemenangan dan resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Erick bukan hanya berkiprah dalam dunia usaha, tapi juga terjun ke dunia sosial. Bahkan, ia tercatat sebagai pendiri Yayasan Darma Bakti Mahaka.