3 Pembantu Jokowi yang Tetap Bertugas di Istana

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dan memperkenalkan 38 menteri di Kabinet Indonesia Maju yang akan membantu pemerintahan lima tahun ke depan di Veranda Depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Jokowi mengatakan, ada sejumlah menteri periode pertama 2014-2019 tetap melanjutkan tugasnya untuk periode kedua 2019-2024. Termasuk, tiga orang pembantunya tidak berpindah dari lingkungan Istana Negara.

Jokowi mengumumkan Pratikno tetap bertugas sebagai Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung juga tetap pada posisi Menteri Sekretaris Kabinet dan Moeldoko melanjutkan tugasnya menjadi Kepala Staf Presiden.

"Jadi yang di Istana tetap. Pak Moeldoko, Pak Pramono dan Pak Pratikno masih tetap," kata Jokowi seperti yang disiarkan tvOne.

Selain itu, sejumlah menteri yang tetap pada posnya, antara lain Sri Mulyani jadi Menteri Keuangan, Retno Marsudi tetap sebagai Menteri Luar Negeri, Basuki Hadimuljono juga masih jadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kemudian Budi Karya Sumadi juga tetap sebagai Menteri Perhubungan, Siti Nurbaya Bakar juga masih menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sofyan Djalin juga melanjutkan tugasnya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Nah, nama Yasonna H Laoly juga kembali lagi menjabat Menteri Hukum dan HAM. Padahal, Yasonna sempat mengundurkan diri dari jabatan tersebut per 27 September 2019. Karena, Yasonna saat itu mau dilantik menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024 pada Selasa, 1 Oktober 2019.