7 Pesan Jokowi untuk Para Menterinya, Melanggar Langsung Copot

Presiden Jokowi dan Wapre Ma'ruf Amin
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akhirnya mengumumkan nama menteri-menteri yang akan membantunya menjalankan pemerintahan selama 5 tahun ke depan. Usai memberikan pengumuman, Jokowi berpesan tujuh hal yang harus dicamkan oleh para menterinya.

Jokowi mengumumkan jika kabinetnya kali ini akan bernama Kabinet Indonesia Maju. Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan, 2019-2024 akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Pesan saya, sudah saya tegaskan sejak awal pelantikan (presiden) kemarin. Yang utama, jangan korupsi, jangan menciptakan hal yang membuka peluang korupsi,” kata Jokowi dengan gaya lesehan di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Selain itu, kata Jokowi, menterinya dilarang untuk menciptakan visi misi sendiri. “Tidak boleh ada visi misi menteri, tapi visi misi presiden dan wakil presiden,” katanya.

Jokowi juga meminta para menterinya untuk kerja cepat, kerja keras dan kerja produktif. Slogan ini sama dengan yang disampaikannya pada menteri di periode pertama kekuasannya.

Lainnya, Jokowi meminta agar menterinya jangan terjebak rutinitas monoton dan kerja yang berorientasi pada hasil nyata. 

“Selalu cek masalah di lapangan dan temukan solusinya. Semua harus serius dalam bekerja, yang engga serius, engga sungguh-sungguh, bisa saya copot di tengah jalan,” tegasnya.

Ada sejumlah menteri dalam kabinet baru Jokowi yang berasal dari kalangan profesional dan partai politik. Dari jumlah itu, ada sejumlah muka lama yang dipertahankan Jokowi, di antaranya Sri Mulyani, Siti Nurbaya, Basuki Hadimujono, Sofyan Djalil, Retno Marsudi.