Arti Nama Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak lagi pakai nama Kabinet Kerja untuk pemerintahan periode kedua pada 2019-2024. Tapi, Jokowi mengganti menjadi Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi umumkan nama Kabinet Indonesia Maju sekaligus memperkenalkan 38 orang yang ditunjuk menjadi menteri untuk lima tahun ke depan di Veranda Depan Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Lalu, kenapa Jokowi sekarang memilih nama Kabinet Indonesia Maju? Jokowi beralasan lima tahun pertama 2014-2019 sudah bekerja, jadi sekarang songsong untuk membawa Indonesia maju.

"Ini dalam 5 tahun kemarin kita kan kerja, kerja, kerja. Ini arahnya lebih dikerucutkan untuk mengantarkan Indonesia maju," kata Jokowi seperti disiarkan tvOne.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan nama pemerintahan jilid kedua sesuai dengan visi misi Jokowi saat pidato perdana usai pelantikan di Gedung MPR/DPR RI pada Minggu, 20 Oktober 2019.

"Nama Menteri Kabinet Indonesia maju itu sesuai dengan visi presiden termasuk pada pidato di MPR menuju Indonesia Maju," kata Fadjroel.

Selain itu, Fadjroel menilai para menteri dan kepala badan setingkat menteri merupakan putra putri terbaik bangsa yang mewakili wajah Indonesia.

"Kabinet ini juga representasi dari semangat persatuan Indonesia," tuturnya.