Tertinggi BMKG Sebut Suhu Panas di Tangerang Nyaris 40 Derajat Celsius

Ilustrasi prakiraan cuaca
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – Sejak beberapa hari belakangan ini suhu di beberapa wilayah Indonesia dilaporkan mengalami peningkatan. Bahkan di Jakarta bisa mencapai 36 derajat celsius.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin, menjelaskan bahwa pihaknya mencatat suhu tertinggi beberapa lalu mencapai 39 derajat celsius. Suhu tertinggi itu dilaporkan berada di wilayah Ciputat, Tangerang.

“Kami mencatat pada 23 Oktober lalu suhu udara di atas 38 derajat celsius terukur di Ciputat 39,6 derajat celsius?, 38,8 derajat celsius? di Jatiwaringin, 38,4 derajat di Ahmad Yani Semarang dan Syamsudin Noor Banjarmasin sebesar 38,2 derajat celsius?,” kata dia.

Dia melanjutkan suhu panas ekstrem ini bukanlah yang pertama kalinya. Miming menyebut bahwa suhu di Indonesia selama kurun waktu lima tahun ke belakang juga pernah mengalami suhu panas yang ekstrem. Pada tahun 1997 saja tercatat suhu panas menembus angka 40,6 derajat. Dan yang terbaru kata dia, pada tahun 2012 di wilayah Tual suhu panas mencapai 40 derajat celsius?.

“Saat ini kisaran 39 hingga 39,6. Kondisi saat ini wilayah Sumatera, Jawa kondisi cerah,” kata dia.

Miming menjelaskan bahwa masyarakat harus mewaspadai potensi suhu panas dan potensi kering hingga akhir bulan ini khusunya untuk wilayah DKI Jakarta dan Selatan Sumatera. Karena kata dia, pola angin masih bertiup dari arah timur yang menunjukkan bahwa musim transisi atau musim hujan belum terlihat secara signifikan.

“Hingga akhir oktober itu kondisi cuaca cerah berawan sedikit implikasi kondisi suhu maksimum. Pada tangga 25 hingga 30 oktober perlu diwaspadai terutama di wilayah Sumatera Selatan, Jawa secara keseluruhan terutama di wilayah bagian tengah ke utara.  Pada tanggal 27 hingga 30 Oktober atau akhir bulan perlu diwaspadasi kondisi cuaca panas terik di siang hari, titik kulminasi di Jawa mulai berkurang tapi potensi suhu panas masih tinggi paling tidak sampai dengan akhir bulan,” lanjut dia.

Soal perkiraan hujan sendiri, Mimimg menjelaskan bahwa  prakiraan hujan akan terjadi pada awal bulan November hingga Desember. Dan pada bulan Januari diprediksi puncak hujan terjadi hingga bulan Februari dengan kondisi normal sampai dengan di bawah normal.

“November curah hujan signifikan dan Desember pertumbuhan awan hujan signifikan dan diharapkan potensi suhu panas tidak terjadi. Perlu diwaspadai periode satu minggu ini."

Desember potensi hujan cukup tinggi artinya masuk musim penghujan. "Januari puncak hujan sampai dengan Februari kondisi normal sd di bawah normal. Perlu diwaspadai fenomena suhu panas satu minggu ke depan karena cuaca cerah tanpa awan mendominasi sehingga panas terik di siang,” kata dia.