Menhan Prabowo Subianto Segera Bertemu Presiden dan BIN, Ada Apa?

Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto segera bertemu Presiden Jokowi dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan untuk membahas pencekalan Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, untuk merespons apa yang disampaikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, yang menyebut Habib Rizieq dianggap intelijen Arab Saudi membahayakan keamanan negara mereka.

"Secara spesifik belum dibicarakan. Pak Prabowo memahami kondisi yang sesungguhnya terjadi. Bagaimana posisi pemerintah. Nanti akan coba dibicarakan spesifik dan mendalam dengan Kementerian Luar Negeri, BIN dan Presiden Jokowi," kata Dahnil di Kabar Petang tvOne, Selasa 12 November 2019.

Ia juga menjelaskan, pertemuan dengan Dubes Agus Miftah memang tidak menjelaskan soal pencekalan Habib Rizieq Shihab. Karena itu, Menhan Prabowo Subianto berupaya memahami kondisi pemerintah kedua negara.

"Tadi dubes belum banyak bisa menjelaskan. Tadi kan dialog formal. Pak Prabowo akan berusaha memahami kondisi dan fakta, baik dari sisi pemerintah kita maupun Arab Saudi. Dia akan berusaha memastikan masalah ini selesai agar bisa guyub kembali bersama-sama," jelas Dahnil.

Sebelumnya, Agus Miftah Abegebriel mengakui bahwa pihak intelijen Arab Saudi menganggap bahwa Habib Rizieq Shihab membahayakan keamanan negaranya.

Pada sisi lain, Habib Rizieq Shihab disebut tidak pernah melaporkan masalahnya ke kedubes RI di Arab Saudi.

"Salah satu alasan intelijen Arab Saudi bahwa Habib Rizieq Shihab dianggap membahayakan keamanan. Dia juga tidak pernah melaporkan masalahnya," ungkap Agus Miftah Abegebriel.