Warganet Berharap Ahok Pimpin PLN atau Pertamina

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyambangi Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rabu, 13 November 2019. Ternyata dia diminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk memimpin salah satu BUMN strategis.

Soal BUMN mana yang akan dipimpinnya, Ahok bilang, dia tak mengetahuinya. Namun, dia siap ditempatkan di BUMN mana pun lantaran bisa kembali mengabdi kepada negara.

"Saya (BUMN apa aja juga boleh, yang penting bantu negara," kata dia, seperti dikutip dari VIVAnews.

Sementara Staf Ahli Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa Ahok akan memimpin BUMN strategis. Soal sektornya, menurutnya, yang membutuhkan perhatian besar dan memengaruhi banyak orang.

"Yang pasti kalau sektor mana pasti ini yang kita lihat memang butuh perhatian besar dan memengaruhi banyak orang," ujarnya.

Soal BUMN strategis mana yang akan dipimpin Ahok ternyata mendapat perhatian warganet. Selain mengucapkan selamat akan menjabat sebagai pucuk pimpinan BUMN strategis di Tanah Air, warganet juga ikut berharap nama BUMN yang bakal diurus Ahok.   

Banyak dari warganet berharap Ahok memimpin BUMN minyak dan gas (migas) PT Pertamina. Atau perusahaan setrum pelat merah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Pak Ahok @basuki_btp ditawari Pak @erickthohir masuk salah satu BUMN. Moga jadi dirut Pertamina atau PLN, biar selesai semua pemain rente,,,Kena libas !!!" tulis salah satu warganet.

"Saya harap Pak Ahok kerja di bidang energi baik Pertamina atau PLN, selain alasan mafia tapi untuk bersaing dengan negara maju soal energi di masa depan," ujar warganet lain.

"Pos Dirut BUMN still okay. Sebagai orang yg berani ngubah dan transparan saya dukung Pak Ahok di PLN atau Pertamina," tulis lainnya.

Selain kedua BUMN itu, ada warganet juga berharap Ahok memimpin PT Garuda Indonesia atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Itu karena terlalu banyak masalah di dua perusahaan negara tersebut dan diharapkan Ahok bisa menyelesaikannya.

"Garuda/BPJS would suit Ahok the most, as they are one of the most problematic state owned companies," tulis warganet lain.

Sementara lainnya menebak bahwa Ahok akan memimpin holding BUMN Pertambangan MIND ID. Hal itu, karena sesuai dengan latar belakang pendidikannya. "Paling juga BUMN Pertambangan MIND ID menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Kan Pak Ahok punya latar belakang pendidikan Geologi," kata warganet.