Posting Soal Sertifikat Tanah, Jokowi Malah Diminta Cari Widji Thukul

Aktivis HAM dan seniman Widji Thukul
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.W Wahyu Susilo

VIVA – Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah karikatur saat pembagian sertifikat tanah yang menjadi salah satu program pada Kabinet Indonesia Kerja periode 2014-2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, mengunggah gambar tersebut di akun Twitternya pada Minggu, 24 November sekira jam 10.59 WIB. Nah, Jokowi pun meminta warganet untuk mencari keberadaannya dalam gambar tersebut.

"Temukan saya dalam gambar ini. Ada jurnalis, juru kamera, dan orang-orang yang tengah helai-helai sertifikat tanah penerbitannya kita percepat semenjak tiga tahun terakhir," tulis Jokowi yang dikutip pada Senin, 25 November 2019.

Sejak 2017, kata Jokowi, pendaftaran bidang tanah di Indonesia meningkat lebih sepuluh kali lipat dari sebelumnya. Warganet pun merespons pertanyaan Jokowi, banyak komentar warganet yang lucu-lucu hingga sindiran. 

Bahkan, ada salah satu akun Muhammad Abidzar @Syndical_ist mengunggah foto aktivis hak asasi manusia Widji Thukul. Ia meminta Jokowi untuk mencari Widji.

"Coba bapak temukan orang ini," ujarnya.

Selain itu, akun lain Raffasya @MikhailRaffasya pun menyindir Jokowi yang ditanya soal beberapa kasus selalu menghilang, seperti kasus Novel Baswedan, kasus Papua dan lainnya.

"Ditanya soal kasus Novel Hilang. Ditanya soal kasus Papua Hilang. Ditanya soal aktivis yang tewas Hilang. Didatangi guru honorer Hilang. Didemo mahasiswa Hilang. Terus bapak suruh Netijen nyari  bapak yg suka ilang ilangan gitu," tuturnya.