Bebas Polusi, Yogyakarta Bakal Punya Layanan Mobil Listrik

Pemda DIY dan Grab Indonesia
Sumber :
  • VIVA/ Cahyo Edi/ Yogyakarta

VIVA – Grab Indonesia akan meluncurkan layanan mobil listrik. Rencananya layanan mobil listrik ini akan diluncurkan tahun 2020 mendatang. Layanan mobil listrik ini akan diutamakan digarap di Jakarta. Meskipun demikian sejumlah kota lainnya seperti Yogyakarta pun akan menjadi sasaran peredaran layanan mobil listrik Grab.

Menanggapi rencana mobil listrik di Yogyakarta, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pun angkat bicara. Sultan HB X mengaku mendukung adanya layanan mobil listrik di Yogyakarta yang akan digarap oleh Grab. Meskipun demikian Sultan HB X mewanti-wanti agar sejumlah fasilitas seperti pengisian baterai harus disediakan.

"Kalau mobil listrik itu masuk di Yogya (sebagai layanan transportasi online) harus tersedia fasilitas pengisian daya listrik untuk charge baterai. Ini bisa dilakukan (kerjasama) dari PLN," ujar Sultan HB X, Jumat 13 Desember 2019.

"Saya mau saja adanya mobil listrik itu karena tidak polutif. Tapi dari PLN bagaimana nanti untuk titik pengisian dayanya. Jangan sampai ada mobil listrik terus mogok di jalan karena tidak ada sarana pengisian dayanya," kata Sultan HB X.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menerangkan pengembangan dan operasional mobil listrik akan diutamakan di Jakarta. Meskipun demikian nantinya layanan mobil listrik akan merambah ke kota lain pula.

Neneng menjabarkan program mobil listrik yang digagas Grab ini masih bersifat rintisan. Tujuannya untuk melihat bagaimana respon masyarakat terhadap mobil listrik.

"Sementara diutamakan di Jakarta tapi pasti juga akan ke seluruh Indonesia, termasuk Yogya. Saat ini sifatnya masih piloting. Nanti dilihat perkembangannya seperti apa," ungkap Neneng.

Sebelumnya Pemda DIY dan Grab Indonesia telah resmi menjalin kerjasama untuk mengembangkan provinsi cerdas berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kerjasama ini bertujuan meningkatkan pelayanan publik dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Di Yogyakarta, Grab Indonesia pun baru saja menjalin kerjasama dengan Bank BPD DIY. Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan layanan dan kemudahan akses perbankan ke mitra pengemudi Grab di DIY.