Benarkah era Jokowi Tak Ada Pelanggaran HAM? Ini Faktanya

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Twitter Joko Widodo

VIVA –  Pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Polhukam) Mahfud MD bahwa era Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tidak ada kasus pelanggaran HAM, menimbulkan reaksi dari berbagai aktivis atau pegiat hak asasi manusia (HAM) seperti Komnas HAM serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang concern terhadap isu pelanggaran HAM.

Mahfud MD pun mengklarifikasi ada yang menulis tidak secara utuh pernyataannya terkait pelanggaran HAM saat pidato resmi dalam memperingati Hari Hak Asasi Manusia sedunia di Bandung, Jawa Barat pada 10 Desember 2019.

"Ada wartawan yang sengaja memotong kalimat, dan hanya menyebut bagian yang tidak benar," kata Mahfud saat acara Indonesia Lawyers Club (ILC) mengangkat tema #ILCHAMeraJokowi yang dikutip pada Rabu, 18 Desember 2019.

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Asfinawati menyebut salah satu kasus pelanggaran HAM yakni penyiraman air keras kepada penyidik KPK Novel Baswedan.

Walaupun pada dasarnya kasus tersebut adalah tindak pidana umum, namun jika kasusnya terus menerus tidak bisa terungkap maka di situ lah pelanggaran HAM terjadi.

"Karena setiap orang yang terkena tindak pidana dia harus tahu siapa yang melakukannya, karena disitulah gunanya negara," kata Asfinawati.

Kemudian Aktivis HAM Haris Azhar mencontohkan kasus berpotensi yang bakal masuk dalam pelanggaran HAM, yaitu kasus La Gode. Menurutnya, ada unsur pemerintahan yang terlibat dalam kasus tersebut karena mengacu pada Konvensi Menentang Penyiksaan. 

"Dan kasus La Gode itu ada seseorang yang dikuasai oleh aparatur sipil negara dan dia dialamatkan praktik kekerasan untuk mencari keterangan. Dan itu masuk kategori pelanggaran HAM," katanya.

Komisioner Komnas HAM Chairul Anam membenarkan di era Jokowi (2014-sekarang) memang belum ada kasus pelanggaran HAM. Tapi, Komnas HAM memiliki catatan kasus pelanggaran HAM yang terjadi pada 7-8 Desember 2018 di Paniai, Papua.

"Jadi waktu itu Pak Jokowi baru dilantik datang ke Papua tanggal 11-12 pasca kejadian Paniai tersebut tanggal 7-8," kata Anam.

Anam menganggap klaim Mahfud MD yang menyebut tidak ada pelanggaran HAM di era Jokowi tidak tepat juga. Walau secara formal memang belum ada pelanggaran HAM yang terjadi di era Jokowi hingga saat ini.

"Tapi potensinya ada, minimal kasus Paniai," kata dia.