Republik Ghana Ikut Borong Senjata dan Alat Tempur Pindad

Pindad pamerkan senjata canggih.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Selain dipesan Filipina, Tank Harimau medium moderen buatan PT Pindad juga dipesan Kementerian Pertahanan Republik Ghana. Negara yang berada di kawasan Afrika itu memang telah lama tertarik dengan alutsista buatan Indonesia.

Pemesanan tank tempur Pindad oleh Republik Ghana tertuang dalam Letter Of Intent (LOI) yang ditandatangani Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose dengan Kementerian Pertahanan Ghana yang diwakili Chief Director, Dr. Evans A. Dzikum di Jakarta. Dari keterangan pers yang disampaikan Pindad, kerjasama ini dilakukan pada akhir tahun 2019.

Menteri Pertahanan Ghana Dominic BA Nitiwul menyampaikan, sangat tertarik dan berkomitmen untuk membeli produk pertahanan dan industrial yang diproduksi Pindad sekaligus kerjasama pengembangan bersama produk pertahanan.

Menurut Abraham Mose, Pindad dianggap telah siap untuk mendukung kebutuhan produk pertahanan serta industrial yang diperlukan Kementerian Pertahanan Ghana. Mulai dari memasok produk pertahanan dan produk Industrial, pembangunan MRO dan layanan purna jual yang meliputi pelatihan serta pendirian fasilitas fisiknya.

Sementara itu, hal lainnya yang ikut disepakati dalam LOI adalah program alih teknologi dalam membangun kapabilitas penguasaan teknologi. Beberapa produk pertahanan yang akan dipasok ke negara Ghana adalah pistol, assault riffle, submachine gun, machine gun dan lainnya.

Kemudian kendaraan taktis, kendaraan tempur roda ban dan kendaraan tempur roda rantai serta kendaraan amfibi. Selain itu, pada sektor produk industrial atau alat berat juga dilakukan kerjasama. Mulai dari excavator 20 ton, excavator amfibi, excavator 5 ton, dan produk industrial lain.

Ditegaskan PT Pindad, penandatanganan LOI menjadi langkah awal hubungan baik yang strategis. Hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk menjalin kerjasama militer dengan Pemerintah Ghana.

Saat ini, PT Pindad memproduksi berbagai senjata unggulan dan terbaru seperti SS2 V4 HB, SS2 V5 A1, Dopper, PM3, SPR 2, SPR 4, R-HAN 122B dan pistol berbagai varian. Kemudian kendaraan tempur Anoa varian APC (pengangkut personil) dan Ranpur Badak yang memiliki daya hancur besar.

Baca juga: Menhan Prabowo Sukses Rayu Filipina Borong Tank Harimau Pindad