Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 28 Januari 2020 | 17:16 WIB

Panutan Memulai Usaha, Ini Pelajaran Bisnis ala Miliarder Jack Ma

Team VIVA »
Dwi ereline Amelia
Foto :
Jack Ma. Sumber foto: Warta Ekonomi.

VIVA – Siapa sih yang tidak tahu Jack Ma saat ini? Seorang pria asal Cina yang lahir tanggal 10 September 1964 ini mengalami banyak kesulitan saat memulai bisnis besarnya yaitu Alibaba Group. Jack Ma dijadikan simbol semangat dan motivasi bagi warga Tiongkok, bahkan masyarakat di seluruh dunia.

Pada tahun 2018 kemarin, Jack Ma telah mengumumkan dirinya akan mundur dari perusahaan besutannya tersebut. Setelah lengser dari Alibaba, Ma mengatakan, dirinya akan mengajar dan berbagi ilmu bisnis pada para pengusaha muda.

Baca Juga

Jack Ma sendiri sudah tidak asing dengan dunia pendidikan karena sebelum mendirikan Alibaba, ia sudah pernah menjalani profesi sebagai guru bahasa inggris. Melihat latar belakang Ma yang menjelma dari pengusaha amatir menjadi salah satu orang terkaya di dunia, tentu banyak ilmu yang bisa dipelajari darinya.

Jack Ma membagikan 3 pelajaran bisnis yang perlu dipelajari oleh pengusaha muda ketika menjadi pengisi acara WEF (World Economic Forum) di Bali. Apa saja 3 point tersebut? Mari simak pembahasan berikut.

Terpopuler

1. Jangan belajar untuk sukses

Meski tercatat sebagai salah satu pengusaha tersukses di dunia, Ma mengaku tak ingin berbagi kisah suksesnya pada pengusaha lain.

"Saya tak akan pernah mengajar orang cara menjadi sukses. Harvard, Yale, mengajar orang untuk sukses, saat orang belajar terlalu banyak kisah sukses, mereka pikir mereka bisa sukses dengan mudah," katanya.

Sebaliknya, dia ingin mengajar orang lain cara mengatasi tantangan yang menghambat perjalanan bisnis seseorang, sehingga orang itu siap memasuki kerasnya dunia bisnis.

2. Berani menghadapi apapun

Jack Ma mengatakan kalau pebisnis atau pengusaha harus terbiasa menerima penolakan dan belajar mengatasinya tanpa rasa takut. Haru menjadi pribadi yang berani untuk membuat orang yang bekerja di sekitar kita lebih optimis, dan terus maju meski hidup terasa sulit.

Ma sendiri sudah mengalami banyak penolakan dalam hidupnya. Menurut Ma, perlu ada pergeseran pola pikir jika ingin mengembangkan sikap berani khususnya dalam berbisnis.

3. Jangan menunggu masyarakat siap menerima gagasan bisnis Anda

Pada tahun 1999 ketika Jack Ma mendirikan Alibaba, saat itu hanya sedikit orang yang bisa mengakses internet. Saat itu juga masih sedikit sekali orang yang menjual dan membeli barang secara online.

Tapi lihat sekarang, perusahaannya menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan cabang di bidang e-Commerce, pembayaran digital, media sosial dan banyak lagi. Tak heran, ia mengajarkan para pengusaha untuk tidak memikirkan kesiapan masyarakat saat memiliki gagasan bisnis.

"Jika semua sudah siap, maka Anda tidak punya nilai lagi dari bisnis tersebut," pungkasnya.

Nah, seperti itulah pelajaran yang bisa didapat dari Jack Ma. Bagaimana? Sudah siap belum untuk membuka bisnis yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari? Semoga setelah membaca artikel ini, Anda lebih bersemangat dan berhasil menuntaskan masalah bisnis yang tak kunjung mendapat jalan keluar.

Bagi yang sudah menjalankan bisnis maupun yang masih direncanakan, jangan ragu untuk mengembangkan usahanya jika memang punya potensi dan sedang ada peluang yang tidak bisa ditunda. Modal untuk mengembangkan usaha kini lebih mudah dengan hadirnya fintech yang memberikan kemudahan pinjam uang untuk modal usaha. Salah satunya yang menyediakan kredit limit cukup besar adalah Kredivo. 

Cara ini bisa menjadi salah satu alternatif pinjaman uang untuk dipilih karena prosesnya yang mudah dan bunganya yang cukup bersaing dari pinjaman lembaga uang konvensional. Bunga pinjaman uang maupun belanja online hanya 2.95 % per bulan. Sementara untuk besaran pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total dana yang dipinjam. Pilihan tenor sangat bervariasi mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.  

Bagaimana? Kesempatan sudah terbuka lebih lebar lagi dengan hadirnya pinjaman uang untuk modal usaha dari Kredivo. Tunggu apa lagi? Unduh saja aplikasi resminya di Google Play maupun App Store. Lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Gerebek Kantor Pinjol di Jakut, 3 Manajer Ditangkap
TVONE NEWS - 3 bulan lalu