Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 29 Januari 2020 | 18:40 WIB

Maruf Amin Bilang Warga Negara China Boleh ke Indonesia tapi...

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Reza Fajri
Foto :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Wakil Presiden Maruf Amin

VIVA – Meluasnya wabah virus corona dari Wuhan, China ke sejumlah negara menyebabkan warga dunia khawatir, termasuk Indonesia. Belum lama ini, kedatangan turis asal Provinsi Yunnan, China pun ditolak oleh masyarakat Sumatera Barat.

Wakil Presiden Maruf Amin bilang pemerintah China telah menutup akses dari dan sarang virus itu di kota Wuhan, Provinsi Hubei ke Indonesia. Tetapi, warga China dari wilayah selain Wuhan masih boleh ke Indonesia, tapi dengan pengawasan ketat.

Baca Juga

"Prinsipnya kalau pemerintah itu, kalau dari Wuhan sudah ditutup tapi daerah Tiongkok lain masih lampu kuning, belum lampu merah. Masih lampu kuning, masih boleh tapi tentu dengan persyaratan-persyaratan dengan antisipasi yang ketat," katanya di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews. 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia hingga kini masih menunggu sikap dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kendati demikian, kata dia, pemerintah telah melakukan sejumlah antisipasi terhadap penyebaran virus itu ke Indonesia. 

Terpopuler

"Kita sudah menyiapkan (antisipasi). Kalau misalnya ada yang datang dengan berbagai peralatan di airport dan rumah sakit," ujar Maruf. 

Di samping itu, pemerintah juga menyiapkan berbagai cara untuk melakukan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan. Namun mengalami kendala lantaran wilayah tersebut ditutup akses masuk dan keluarnya. 

"Wuhan ini sekarang menjadi daerah yang diisolir, sehingga tidak boleh ada orang masuk dan tidak boleh ada yang keluar. Akibatnya, semua masih menunggu sikap pemerintah Tiongkok," tandasnya. 

Baca juga:

Ada Tokoh yang Dibidik dan Harus Dijatuhkan di Kasus Jiwasraya?

Kasus Harun Masiku, Roy Suryo Bandingkan CCTV Bandara Soetta Vs Warteg

Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelumnya menyatakan bahwa pemerintah punya opsi untuk mengevakuasi WNI di Wuhan dan beberapa kota lainnya di China yang terpapar virus mematikan tersebut. "Pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi, tetapi sekali lagi, kota-kota itu masih dikunci," kata dia.

Sementara TNI AU sudah menyiapkan tiga pesawat dan tenaga medis jika diinstruksi untuk melakukan evakuasi WNI dari Wuhan. Adapun sejumlah negara telah melakukan evakuasi warga negaranya dari Wuhan dan beberapa wilayah di China, di antaranya di Amerika Serikat, Jepang, Jerman. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
LENGKAP! Jokowi Gratiskan Listrik Sampai Permudah Cicilan
BERITA - 1 hari lalu