Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 15 Februari 2020 | 21:18 WIB

Batan Lakukan Pembersihan di Perumahan Terpapar Radiasi Nuklir

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • ANTARA/M Iqbal
Tanah kosong terpapar radiasi nuklir

VIVA – Baru-baru ini ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan oleh Badan Pengawas Teknologi Nuklir (Bapeten). Saat ini, tengah dilakukan pembersihan (clean up) area yang terpapar radiasi.

"Saat ini Badan Tenaga Nuklir Indonesia (Batan) sedang melakukan clean up di sekitar area terpapar," ujar Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara dalam rilis yang diterima VIVA, Sabtu, 15 Februari 2020.

Baca Juga

Dia melanjutkan, upaya pertama pembersihan adalah menyelamatkan terlebih dahulu masyarakat dan lingkungan dari paparan radiasi. Dari clean up tersebut, mereka menemukan vegetasi dan tanah yang dimasukan ke dalam drum berkapasitas 100 liter dengan jumlah 52.

Setelah clean up, nilai radiasi menurun hingga 30 persen dari sebelumnya 149 mikrosivet per jam. Dini hari setelah dilakukan pengecekan, nilainya menjadi 98,9 mikrosivet per jam.

Terpopuler

"Proses clean up ini akan terus dilanjutkan sampai area tersebut benar-benar bersih dan tidak membahayakan untuk warga dan lingkungan," katanya.

Upaya ini akan dilakukan hingga 20 hari ke depan yang telah dimulai sejak 12 Februari lalu. Tapi mereka berharap bisa bersih sebelum periode itu.

Saat ini mereka tengah mempersiapkan upaya whole body counting kepada warga guna mengetahui dampak kontaminasi. Heru mengimbau masyarakat untuk tidak panik terhadap kejadian ini karena sudah ditangani petugas yang kompeten.

"Warga diharapkan melakukan aktivitas seperti biasa saja, asal tidak masuk ke dalam area yang sudah diberi tanda terkontaminasi. Paparan radiasi ini bila dikelola dengan baik tidak akan membahayakan keselamatan warga," katanya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Radioaktif, Tim Gegana Periksa Tanah di Tangerang
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu