Wali Kota Semarang Ingin Tiru Gaya Memimpin Megawati

Wali Kota Semarang, Hendi Hendrar Prihadi
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVA.co.id – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi merupakan satu di antara pejabat yang secara khusus diundang dalam acara peluncuran buku 'Megawati dalam Catatan Wartawan, Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat' di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Rabu malam 23 Maret 2016.

Kesan khusus disampaikan Hendi terhadap sosok Megawati yang merupakan putri proklamator Soekarno itu. Bagi Hendi, Megawati merupakan tokoh besar perempuan humanis yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini.

"Maka buku ini sangat menginspirasi. Semua yang dilakukan beliau adalah untuk masyarakat. Pengabdian Bu Mega yang tanpa pamrih kemudian mengantarkannya menjadi pemimpin negeri ini," ujarnya..

Ketokohan serta jiwa tanpa pamrih inilah yang menurutnya turut mengantarkan Megawati  menduduki posisi Wakil Presiden dan akhirnya menjadi Presiden kelima Indonesia. Sebaliknya, sebagai tokoh perempuan, Megawati juga juga memiliki ketegasan, khususnya terhadap kepada kader-kader partai yang dibesarkan selama ini.

"Beliau sosok humanis. Perhatian beliau yang pro rakyat bisa menjadi contoh buat kita semua. Saya pribadi sangat ingin meniru gaya memimpin beliau, " kata pria yang juga Ketua DPC PDIP Kota Semarang itu.

Peluncuran buku 'Megawati dalam Catatan Wartawan, Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat' adalah gagasan dan karya dari 22 jurnalis Indonesia. Dua di antaranya bahkan merupakan jurnalis asal Jepang dan Swedia.

Buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ini disunting Kristin Samah, serta  melengkapi hadirnya buku-buku yang mengulas Megawati Soekarnoputri sebelumnya.

Selain tokoh penting PDI Perjuangan di sejumlah daerah, peluncuran karya besar ini dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, seperti mantan Wakil Presiden Budiono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kepala BIN Sutiyoso, Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat.

(mus)