Film G 30 S-PKI Akan Diputar di Sekolah dan Desa

Ilustrasi/Peringatan 50 tahun G30 S PKI di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id – Komando Resort Militer 072/Pamungkas Yogyakarta akan menyiapkan jadwal dan teknis pengamanan pemutaran film Pengkhianatan G 30 S-PKI hingga tingkat desa dan sekolah-sekolah.

"Jadwal pemutaran sudah kita mulai hari ini sampai menjelang HUT TNI pada 5 Oktober 2017 nanti dan berkeliling ke tempat lainnya," ujar Danrem 072 Brigadir Jenderal Fajar Setiawan, Rabu, 20 September 2017.

Pemutaran film Pengkhianatan G 30 S-PKI sedianya memang akan diputar di seluruh kantor militer. Namun untuk penyebaran lebih banyak akhirnya juga akan digelar di tempat berkumpulnya warga per desa dan sekolah-sekolah.

Fajar juga memastikan, jika memang antusiasme warga tinggi, pemutaran film bisa dilakukan sekali. "Tujuan kami memutar di tempat keramaian bahkan sekolah adalah mengingatkan bahwa ada fakta sejarah yang begitu kejam pernah terjadi di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Bawono X memastikan tidak akan melarang pemutaran film G30 S-PKI di wilayahnya.

"Saya hanya mengimbau, para orang tua menemani anak-anak saat menonton mengingat banyak adegan kekerasan dalam film tersebut," ujar Sri Sultan. (ase)