Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 20 September 2017 | 15:25 WIB

Film G 30 S-PKI Akan Diputar di Sekolah dan Desa

Team VIVA »
Harry Siswoyo
Daru Waskita (Yogyakarta)
Foto :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Ilustrasi/Peringatan 50 tahun G30 S PKI di Indonesia

VIVA.co.id – Komando Resort Militer 072/Pamungkas Yogyakarta akan menyiapkan jadwal dan teknis pengamanan pemutaran film Pengkhianatan G 30 S-PKI hingga tingkat desa dan sekolah-sekolah.

"Jadwal pemutaran sudah kita mulai hari ini sampai menjelang HUT TNI pada 5 Oktober 2017 nanti dan berkeliling ke tempat lainnya," ujar Danrem 072 Brigadir Jenderal Fajar Setiawan, Rabu, 20 September 2017.

Baca Juga

Pemutaran film Pengkhianatan G 30 S-PKI sedianya memang akan diputar di seluruh kantor militer. Namun untuk penyebaran lebih banyak akhirnya juga akan digelar di tempat berkumpulnya warga per desa dan sekolah-sekolah.

Fajar juga memastikan, jika memang antusiasme warga tinggi, pemutaran film bisa dilakukan sekali. "Tujuan kami memutar di tempat keramaian bahkan sekolah adalah mengingatkan bahwa ada fakta sejarah yang begitu kejam pernah terjadi di Indonesia," ujarnya.

Terpopuler

Sementara itu, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Bawono X memastikan tidak akan melarang pemutaran film G30 S-PKI di wilayahnya.

"Saya hanya mengimbau, para orang tua menemani anak-anak saat menonton mengingat banyak adegan kekerasan dalam film tersebut," ujar Sri Sultan. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ditantang Nobar G30S PKI, Ini Jawaban Panglima TNI
TVONE NEWS - 8 bulan lalu
Terbaru