Amien Rais Punya Bukti Pengibulan Jokowi

Politikus senior PAN Amien Rais (tengah) bersama putranya, Hanafi Rais (kanan) dan Dradjad Wibowo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA - Wakil Ketua Umum DPP PAN, Hanafi Rais mengatakan bahwa saat ini, Amien Rais sedang menyiapkan sebuah tulisan terkait pernyataannya soal program Joko Widodo membagi sertifikat tanah yang disebut sebagai pengibulan. Tulisan ini, nantinya akan diperlihatkan kepada publik.

"Ada buktinya (pernyataan Amien). Pak Amien sudah menyiapkan tulisan, nanti akan diperlihatkan kepada khalayak untuk men-substantiate (menyokong) kritik kemarin itu," kata Hanafi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 21 Maret 2018.

Menurutnya, sebenarnya yang dilakukan Jokowi ketika membagikan sertifikat tanah memang sudah kewajiban pemerintah. Kemudian, sekarang dibuat selebrasi di berbagai macam forum.

"Itu hal yang biasa sebenarnya, sehingga malah itu justru mengubur semangat Nawacita sendiri yang akan melakukan land reform. Kalau mau land reform gampang, seluruh mereka yang punya perusahaan tambang, sawit, dan sebagainya itu disetop diambil alih oleh negara, dibagi rata ke masyarakat. Itu baru land reform, reformasi agraria," kata Hanafi.

Baca juga: Ternyata, Amien Rais cuma Senyum Diancam Luhut

Ia menilai, kalau ada yang merasa panas terkait kritik kepemilikan lahan, maka hal ini justru menjadi isyarat seakan para penguasa lahan ini yang terganggu. Sebab, kritik yang dilancarkan oleh masyarakat dan anak bangsa kepada pemerintah berdasarkan rasa cinta keadilan.

"Diterima baik-baik saja gitu dan tidak usah ditanggapi ancaman, teror, dan intimidasi yang lain. Itu namanya, berarti mengkhianati demokrasi yang selama ini kita bangun. Jadi, jangan merusak demokrasi yang sudah dihasilkan karena jerih payah mahasiswa dan masyarakat pascareformasi, karena bisa jadi bisa berbalik sendiri," kata Hanafi. (asp)