Sandiaga: Selamat Ibu Susi Lulus Paket C

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi Menteri Kelauatan dan Perikanan, Susi Pudjiastusti yang mendapatkan ijazah Sekolah Menengah Atas program Paket C.

"Selamat Ibu Susi lulus SMA. Membanggakan sekali," ujar Sandiaga Uno di Jakarta, Sabtu, 14 Juli 2018.

Sandiaga menuturkan, sebetulnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempunyai program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus untuk memberikan Paket A, Paket B, dan Paket C.

"Bu Susi ambil Paket C kan? Jadi ya kita sebetulnya bisa kasih KJP Plus buat Bu Susi. Ya karena kita, KJP Plus itu salah satu yang Pak Anies itu sama saya adalah (bagi mereka) yang tidak pernah menyelesaikan SMA," lanjut Sandiaga.

Untuk itu, Sandiaga mengimbau kepada masyarakat Ibu Kota yang belum menyelesaikan sekolah SMA, maka bisa mengambil program paket C yang ditentukan pemerintah.

Untuk diketahui, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima ijazah Paket C, Jumat 13 Juli 2018. Ijazah itu diraih setelah wanita 53 tahun ini lulus ujian Paket C.

Hal itu terungkap dari unggahan di akun Instagram ffawzia07. Dalam akun tersebut diceritakan bagaimana awalnya Susi bisa mendapat ijazah itu.

Awalnya pada 16 Juni 2015, usai Sidang Kabinet di Kantor Presiden. Anies Baswedan yang saat itu masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menghampiri Menteri Susi.

Ketika itu, Anies menanyakan kesediaan Susi untuk mengikuti ujian Paket C. Awalnya, Susi enggan. Anies lantas membujuk Susi agar mau  ikut untuk menjadi contoh untuk gerakan wajib sekolah 12 tahun.

Tiga tahun kemudian, Mei 2018, Susi mengikuti proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA 1 Pangandaran, Jawa Barat.

"Dengan semangat Ibu Susi menelpon saya di kantor dan bilang, 'Gue peringkat Nomor 1 dari 569 peserta se-Ciamis, lho! Padahal itu pelajaran lama, udah ga inget!'," tulis akun ffawzia70.