Gelar Konsolidasi, PKS Pede Bidik 12 Persen Suara di Pemilu 2019

PKS konsolidasi hadapi Pemilu 2019
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar konsolidasi untuk pemenangan Pemilu Legislatif 2019 yang akan digelar serentak dengan Pemilihan Presiden. Konsolidasi ini digelar berbarengan dengan proses verifikasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, kader PKS harus menjalani fungsi sesuai peran sebagai wakil rakyat di parlemen. Ia mengklaim, mesin politik PKS sudah berjalan efektif di Pilkada 2018. Kemenangan PKS dengan angka 50 persen di Pilkada 2018 menjadi rujukannya.

Diakui Sohibul memang belum sesuai harapan. Namun, hasil di Pilgub Jabar dan Pilgub Jateng menjadi contoh mesin PKS berjalan. Menurut dia, walau kalah, tapi kinerja mesin politik di Jabar dan Jateng melejitkan suara pasangan calon yang diusung PKS.

"Fenomena mesin PKS ini akan terus beresonansi untuk mencapai kemenangan Pemilu 2019, sehingga siap bekerja efektif untuk memenangkan PKS di Pemilu 2019," kata Sohibul dalam keterangannya, Jumat 20 Juli 2018.

Sementara, Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengatakan, acara konsolidasi dibarengi dengan tahapan pendafaran bakal caleg karena untuk memantapkan kesiapsiagaan menghadapi Pemilu 2019. Ia meminta Fraksi PKS di DPR RI dan daerah harus menjadi motor perjuangan.

"Fraksi PKS pusat dan daerah ini adalah ujung tombak dan garda terdepan perjuangan PKS. Menjelang pemilu 2019 kami pastikan kerja-kerja untuk rakyat akan semakin kuat dan kokoh," tutur Jazuli.

Kemudian, Jazuli merincikan bahwa pihaknya sudah mendaftarkan 538 bacaleg untuk DPR RI di 80 daerah pemilihan. Lalu, ribuan bacaleg untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Bagi Jazuli, harus ada perubahan dalam target Pemilu 2019.

"Target suara nasional PKS 12 persen dan menjadi partai papan atas membutuhkan kerja-kerja yang kongkrit, fokus, dan terukur," ujarnya.

Konsolidasi bertema 'Rapatkan Barisan Menyongsong Kemenangan 2019' ini digelar di Hotel Sahid Jakarta dari Kamis, 19 Juli sampai Jumat 20 Juli 2018. Selain Fraksi PKS di DPR RI, konsolidasi ini dihadiri anggota fraksi PKS dari DPRD Provinsi, kota dan kabupaten. Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri sempat hadir memberikan arahan kepada para kader. (mus)