Prabowo Diminta Forum Rakyat Pilih Novel Baswedan Sebagai Cawapres

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Sejumlah masyarakat yang berasal dari Forum Rakyat mendeklarasikan dukungan kepada penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Deklarasi kepada Novel ini dilakukan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin 6 Agustus 2018.

Koordinator Forum Rakyat, Lieus Sungkharisma mengatakan, alasan mendeklarasikan Novel jadi cawapres Prabowo, karena kiprahnya dalam memberantas korupsi sudah teruji dan layak disebut sebagai pejuang anti korupsi.

"Novel Baswedan adalah salah satunya sosok pejuang anti korupsi yang sudah benar-benar membuktikan komitmennya. Perjuangannya melawan korupsi bahkan menyebabkan dirinya terdzalimi, salah satu matanya buta permanen," kata Lieus dalam acara tersebut, Senin 6 Agustus 2018.

Saat ini perjuangan Novel dalam memberantas korupsi sudah dapat dilihat dan patut diapresiasi. "Dengan komitmen dan perjuangannya itu, tak ada seorang aktivis anti korupsi pun yang meragukan Novel Baswedan untuk menjadi ikon 'Gerakan lndonesia Bersih-lndonesia Tanpa Korupsi," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Forum Rakyat juga memaparkan sejumlah prestasi Novel Baswedan dalam memberantas korupsi kelas kakap. Salah satunya yakni Novel mampu mengungkap kasus suap cek pelawat pada pemilihan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia tahun 2004 lalu dengan tersangka Nunun Nurbaeti.

"Karier Novel Baswedan di KPK terbilang bersinar. Beliaulah yang berhasil membawa pulang mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dari pelariannya di Kolombia. Mengungkap kasus wisma atlet yang turut menyeret anggota DPR Angelina Sondakh," ujarnya

Sementara itu, mantan Direktur Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Suhardi, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, mendorong Novel sebagai cawapres Prabowo bukan sekedar asal mengajukan, tetapi ada argumentasi yang cukup serius, terutama di tengah bangsa Indonesia yang darurat korupsi.

Sosok Novel dianggap sudah teruji integritasnya. Sehingga kalau menjadi cawapres akan menjadi hal yang luar biasa dan kemajuan bagi Indonesia. Karena Novel dapat membangun kebijakan rencana untuk pemberantasan korupsi sehingga memberi dampak positif bagi pemerintahan Indonesia.

"Harapan kami supaya Pak Prabowo dapat memilih orang yang dapat menindak korupsi. Kami juga meminta partai koalisi dapat memahami apa yang terjadi di negara ini. Korupsi harus diselesaikan, karena korupsi ini sangat berbahaya. Sehingga solusinya adalah yakni Prabowo didampingi Novel dalam Pencapresan 2019 nanti," ujarnya.