JK: Bu Mega dan Pak SBY Saja Nonton Asian Games

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY saat menonton voli Asian Games.
Sumber :
  • IG Ani Yudhoyono

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa Asian Games XVIII/2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, telah menyatukan rakyat Indonesia.

Bahkan, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, serta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, juga menonton pertandingan Asian Games, meski beda waktu.

"Orang bersatu (karena Asian Games). Tidak ada partai-partainya. Ibu Mega pengen nonton, Pak SBY juga nonton. Tapi beda waktu saja. Itu kan bagus," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018.

Megawati menyaksikan pertandingan final bulu tangkis tunggal putra yang mempertandingkan Jonatan Christie dan Chou Tien Chen di Istora Senayan Selasa siang, 28 Agustus 2018.

Sementara itu, SBY dan keluarga menyaksikan pertandingan tenis antara Indonesia dan Thailand di Tennis Indoor Senayan, Minggu, 26 Agustus 2018.

Menurut JK, suhu politik yang sebelumnya sedang memanas menjelang Pemilu 2019 juga sempat menurun sedikit, karena masyarakat sama-sama bersukacita mendukung kontingen Indonesia di Asian Games.

"Animo masyarakat kita bersatu, begitu. Dua minggu ini tidak ada berita-berita heboh-heboh, tidak ada hoax-hoax, begitu, orang bersatu," ujar JK.

JK pun mengapresiasi besarnya antusiasme masyarakat atas ajang internasional yang untuk kedua kalinya diselenggarakan di Indonesia itu. Masyarakat berbondong-bondong menonton Asian Games, bahkan di pertandingan cabang olah raga yang sebelumnya tidak terlalu populer sekali pun.

"Siapa mengira stadion penuh sewaktu (pertandingan) atletik. Biasanya atletik sepi. Ini kemarin malam penuh. Itu jarang terjadi. Kalau bulutangkis oke lah. Tapi ini semua. Panahan, penuh. Di Palembang juga kita lihat, panjat tebing penuh," ujar JK.