PKS Desak Pelaku Intimidasi Ustaz Somad Diusut

Dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) memberikan tausiyah .
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Penceramah Ustaz Abdul Somad mengaku dapat ancaman dan intimidasi, sehingga membatalkan janji untuk tausiyah di beberapa kota di Jawa. Dugaan intimidasi terhadap Ustaz Somad ini menuai berbagai macam respons.

Ketua Bidang Pembangunan Keumatan dan Dakwah DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ali Akhmadi menyayangkan dugaan intimidasi yang diungkap oleh Ustaz Somad.

Menurut dia, figur Somad merupakan dai yang berpengetahuan luas. Bagi Ali, ceramah-ceramah agama Ustaz Somad disampaikan dengan gaya sangat komunikatif, sekaligus memiliki landasan ilmiah dari beberapa sudut pandang fikih.

"Makanya, banyak umat yang suka dengan dakwah Ustaz Somad. Jika benar ada intimidasi dan tekanan, sehingga beliau harus membatalkan itu yang sangat disesalkan," kata Ali dalam keterangannya, Selasa 4 September 2018

Ali melanjutkan, dakwah Ustaz Somad juga diterima berbagai kalangan. Tak kurang beberapa instansi pemerintahan yang mengundang Ustaz Somad sebagai penceramah.

"Mabes TNI AD mendatangkan Ustaz Abdul Somad, lengkap dengan pengawalan penuh. Beliau juga ceramah di Istiqlal, di depan istri Wapres Jusuf Kalla. Jadi, cukup aneh kalau ada yang tidak berkenan dengan ceramah Ustadz Abdul Somad," lanjut Ali.

Baca: KH Ma'ruf Tak Percaya Ustaz Somad Diancam Ceramah di Jawa

Ia pun meminta pemerintah, MUI, dan aparat bisa mengungkap siapa yang melakukan intimidasi terhadap kegiatan pengajian. Sebab, jika tidak diungkap, ke depan akan banyak pengajian-pengajian yang dibatalkan, karena intimidasi tanpa alasan yang jelas.

"Kalau pengajian sudah diintimidasi untuk dibatalkan, lalu umat ini mau mendapatkan ilmu agama dan akhlak spiritual dari mana?" ujarnya.
    
Baca: Ustaz Somad Dilarang Ceramah, PA 212: Rezim Jokowi Sangat Zalim