Pesan Istri Gus Dur untuk Jokowi

Istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Sinta Nuriyah Wahid, istri mendiang Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, memberikan pesan ke Presiden Joko Widodo yang maju lagi untuk Pilpres 2019. Jokowi sebelumnya mengakui meminta restu ke Sinta Nuriyah terkait pencalonannya tersebut.

Sinta menjelaskan, kehadiran Jokowi ke kediamannya, Jalan Warung Sila Lima Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, bukan pertama kali. Ia melihat Jokowi suka silaturahim.

"Pak Jokowi boleh dikatakan orang yang suka silaturahim. Silaturahmi kepada tokoh-tokoh masyarakat,kiai, orang-orang berpengaruh dan sebagainya," kata Sinta Nuriah di kediamannya, Jumat 7 September 2018.

Kehadiran Jokowi kali ini, lanjut dia, karena mantan gubernur DKI itu sudah menganggapnya sebagai orangtua sendiri.

"Jadi saya sebagai orangtua pasti akan memberikan doa, mendoakan, dan memberikan dukungan selama ini, apalagi kalau kita harapkan bahwa yang akan jadi pemimpin nanti adalah pemimpin-pemimpin yang amanah," jelasnya.

Pemimpin yang menurut Sinta, yang mengamalkan apa yang diajarkan oleh Gus Dur. Yakni sesuai dengan kaidah fiqih. Di dalam kaidah fiqih itu, lanjut dia, kebijakan seorang pemimpin itu haruslah berdasarkan pada kepentingan rakyatnya. Bukan kepentingan golongan atau pribadi.

"Kalau pemimpin seperti ini, ini adalah pemimpin yang patut kita dukung," kata Sinta. (ren)