PKB Bersyukur RUU Pesantren Jadi Inisiatif DPR

Ilustrasi Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI
Sumber :
  • Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI & Komisi II DPR RI

VIVA – Pimpinan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI H Cucun Ahmad Syamsurijal mensyukuri ikhtiar Fraksi PKB memperjuangkan Rancangan Undang-Undang Madrasah dan Pendidikan Keagamaan membuahkan hasil. Rancangan UU tersebut disahkan menjadi RUU Inisiatif DPR RI pada rapat Baleg, Kamis sore, 13 September 2018.

"Ini tentu patut disyukuri bahwa apa yang menjadi perjuangan Fraksi PKB dengan menginisiasi hadirnya rancangan undang-undang yang memiliki keberpihakan pada madrasah dan pesantren akhirnya berhasil diperjuangkan," kata H Cucun.

Cucun mengakui proses panjang memperjuangkan rancangan undang-undang yang berpihak pada pesantren dan madrasah di parlemen. Menurutnya perjuangan belum tuntas, masih ada proses lain yang harus dihadapi.

"Kita akan berjuang terus. Hari ini status RUU itu meningkat menjadi RUU inisiatif DPR, ini tentu kabar baik, dan akan terus kami perjuangkan agar ada percepatan pengesahan RUU ini menjadi UU dalam rapat Paripurna," ujarnya.

Menurut Cucun, persoalan ketidakadilan di dunia pendidikan memang masih terjadi, khususnya bagi pesantren dan madrasah. Padahal nyatanya, pesantren dan madrasah telah hadir jauh sebelum negara merdeka, memberi kontribusi bagi pendidikan dan pembangunan akhlak bangsa Indonesia.

"Itulah kenapa, FPKB menginisiasi ini sudah lama, kita gencar agar ada keadilan, kesetaraan prioritas pengembangan antara pendidikan umum dan pendidikan berbasis madrasah dan pesantren. Tidak seperti hari ini, pesantren dan madrasah dianak tirikan," terang politikus PKB ini.

Kepada seluruh ulama, Cucun berharap untuk terus istikamah memberikan dukungan atas perjuangan partai yang menjadi refresentasi kaum Nahdlatul Ulama yang mayoritas memiliki lembaga pendidikan madrasah dan pesantren di penjuru nusantara.

"Doakan kami, para santrinya yang tengah mengabdi di PKB yang mengemban tugas di DPR, melahirkan kebijakan yang membawa keberkahan, kemaslahatan dan kesejahteraan bagi warga Indonesia," tuturnya.

Politikus yang akrab disapa Kang Cucun ini menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Baleg semua fraksi, atas dukungan meloloskan RUU Madrasah dan Pendidikan Keagamaan. "Tentu kami sampaikan juga atas dukungan dan kritikan yang membangun menyempurnakan RUU inisiasi kami ini," katanya.