Masih Ogah Dukung Prabowo atau Jokowi, PBB Mau Fokus di Pileg

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra (kedua kanan) bersama Sekjen PBB Afriansyah Noor (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Ihza Mahendra belum memberikan sikap resmi politik terkait arah dukungan untuk Pemilihan Presiden 2019. Padahal, kampanya sudah dimulai dan memasuki hari kedua.

Ketua Bidang Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono mengatakan sampai saat ini, pihaknya masih belum mengambil sikap dukungan pilpres. Pertimbangannya, PBB melihat belum ada paslon yang memberikan kesepakatan kerjasama antara pileg dan pilpres yang saling munguntungkan.  

"Yang ada paslon minta PBB all out memenangkan paslon pilpres tetapi komitmen membantu pileg PBB belum ada," kata Sukmo saat dihubungi, Senin 24 September 2018.

Meski begitu, ia menambahkan PBB akan menggelar pertemuan dengan pengurus provinsi (DPW) dalam waktu dekat untuk mendengar aspirasi daerah. Setelah pertemuan itu, jika aspirasinya menghendaki adanya sikap resmi maka akan diumumkan.

"Matahari belum sepenuhnya tenggelam di ufuk barat, Mahkamah Konstitusi (MK) akan membuat putusan gugatan presidential threshold dalam waktu dekat," lanjut Sukmo.

Ia melanjutkan masih ada potensi ambang batas presiden nol persen dikabulkan. Ia mengklaim versinya kalau PBB satu-satunya partai yang masih bisa mencalonkan presiden.

"Oleh sebab itu PBB juga mengkaji bakal putusan MK," kata Sukmo.