Megawati Akan Dapat Gelar Doktor Kehormatan Bidang Diplomasi Ekonomi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari dari Fujian Normal University, Fuzhou, Tiongkok, pada Senin 5 November 2018. Gelar kehormatan itu dalam bidang diplomasi ekonomi.

Selain menerima gelar, Ketua Umum PDIP itu akan menyampaikan orasi ilmiah di hadapan Presiden Fujian Normal University, Wang Changping, jajaran rektorat, dan civitas academica universitas.

"Kita tentunya merasa senang, bangga, dan memberikan apresiasi karena Ibu Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar kehormatan dalam bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University, yang merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Tiongkok," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya pada Minggu 4 November 2018.

Gelar serupa sudah kedelapan kalinya diterima Megawati. Sejumlah perguruan tinggi telah memberikan gelar doktor kehormatan, di antaranya Universitas Waseda Tokyo di Jepang (2001), Moscow State Institute of International Relation di Rusia (2003), Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan (2015), Universitas Padjadjaran Bandung (2016), Universitas Negeri Padang (2017), Mokpo National University di Korea Selatan (2017), Doktor Honoris Causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018).

Dalam orasi ilmiah nanti, kata Hasto, Megawati akan berbicara hubungan politik dan ekonomi antara Indonesia dan Tiongkok sejak era presiden Sukarno.

"Termasuk memaparkan relasi kedua bangsa yang memiliki hubungan historis, khususnya menjelang penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika 1955, saat Bung Karno mengajak Republik Rakyat Tiongkok untuk membuka diri," ujarnya. 

Seusai menerima gelar, Megawati dijadwalkan bertemu para pelajar Indonesia di kampus FNU. Didampingi putranya M Prananda Prabowo dan Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, kegiatan selanjutnya Megawati langsung bertolak ke Seoul, Korea Selatan, menjadi salah satu pembicara pada The KOR-ASIA, dengan tema perdamaian di Semenanjung Korea.

"Kehadiran Ibu Megawati mengingat perannya yang selama ini aktif mendorong perdamaian di Semenanjung Korea," kata Hasto. (ase)