Kader PKS akan Jadi Wagub DKI, Badan Seleksi Pengganti Sandi Dibentuk

Ilustrasi pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden PKS, Sohibul Iman dan Salim Segaf (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Polemik nama pengganti Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mulai menemukan titik terang. Kursi DKI-2 bakal diisi kader Partai Keadilan Sejahtera.

Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra, Andre Rosiade, membenarkan adanya rapat antara Gerindra dan PKS, Senin, 5 November 2018. Menurutnya, dalam waktu dekat badan seleksi akan dibentuk.

"Jadi tadi rapat menyamakan persepsi antara PKS DKI dan Gerindra DKI. Alhamdulillah sudah ada kata sepakat untuk wagub pengganti Sandiaga," kata Andre Rosiade kepada VIVA.

Andre tak menampik kursi wagub DKI diberikan kepada PKS. Kata dia, nanti yang masuk dalam badan seleksi akan dipilih secara kompeten.

"Untuk wagub diberikan ke PKS, setelah ini akan dibentuk badan seleksi, mereka yang akan menyeleksi siapa yang berkompeten," ungkapnya.

Andre menambahkan, setelah ditentukan oleh badan seleksi, nantinya akan bersurat ke DPP Partai Gerindra. Prabowo yang akan memutuskan nama yang akan disampaikan kepada Anies.
 
"Jadi prosesnya begitu, tunggu saja nama yang akan diseleksi, saya tidak ingin mendahului. Setelah itu biarkan mereka menilai dan Pak Prabowo yang memutuskan," ujarnya.

Kemudian, ia menekankan dengan kesepakatan kader PKS maka prahara kursi wagub DKI sudah hampir selesai. Ia mengatakan, baik Gerindra dan PKS saat ini hanya ingin membuktikan harapan publik.

"Intinya, PKS DKI dan Gerindra DKI sudah satu persepsi dan frekuensi. Insya Allah akan memenuhi ekspektasi publik, akan memenuhi kompetensi membantu mewujudkan mimpi Anies-Sandi yang didukung Gerindra dan PKS kemarin," jelasnya.

Seperti diketahui, hampir tiga bulan kursi wagub DKI masih lowong. Sandi meninggalkan kursi DKI-2 setelah maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo.

Selama hampir tiga bulan itu muncul sejumlah nama yang digadang-gadang menggantikan Sandi. Beberapa nama itu antara lain Ketua DPD Gerindra DKI M. Taufik, Ketua DPD PKS Jabar Ahmad Syaikhu, hingga keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. (ase)