PDIP Yakini Amien Rais Sependapat soal Soeharto Induk Korupsi

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP bersiap menghadapi gugatan hukum Partai Berkarya gara-gara seorang petingginya, Ahmad Basarah, menyebut Soeharto sebagai guru korupsi.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto berterus terang bahwa partainya merespons sungguh-sungguh rencana gugatan itu karena sekaligus menjadi komentum memastikan semangat reformasi untuk membentuk pemerintahan yang bersih korupsi, kolusi, dan nepotisme itu betul-betul dijalankan.

Ia mengajak para tokoh reformasi, seperti Amien Rais, ikut bicara mengenai hal itu di masa Orde Baru. Dia bahkan meyakini Amien Rais pun sependapat dengan pernyataan Ahmad Basarah.

"Saya pikir Pak Amien Rais pun, kalau beliau menggunakan hati nurani dan pikiran nurani yang jernih, melihat Pak Harto sebagai simbol; sebagai induk dari korupsi, yang terjadi dengan menggunakan berbagai peraturan perundang-undangan," katanya di sela Rakornas Pemenangan Pileg dan Pilpres di kantor pusat PDIP, Jakarta, Sabtu, 1 Desember 2018.

Sosok Amien Rais, katanya, bisa bersama mengungkap kasus korupsi di era Orde Baru. "Kalau beliau mau menggunakan hati nurani dan pikirannya, tentu saja akan berpihak pada Pak Ahmad Basarah, kecuali sudah berubah, kecuali masih mendukung nepotisme," ujarnya.

Menurutnya, perseteruan antara Basarah dan Partai Berkarya menjadi momentum tepat bersih-bersih dan pengungkapan kasus lama oleh semua pihak. Bahkan, dia mengklaim, banyak advokat yang akan membela Basarah untuk menghadapi gugatan Partai Berkarya.