Waketum PAN Minta Pendiri Tak Umbar Perbedaan ke Publik

Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA –  Sejumlah pendiri Partai Amanat Nasional meminta Amien Rais mundur dari kiprah politik praktis. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi meminta mereka tidak mengumbar perbedaan ke publik.

"Sebaiknya tidak mengumbar perbedaan pemikiran dan pilihan politik di publik. Karena hal ini adalah sikap yang baik untuk membantu partai dalam mempersiapkan perjuangan akbar dalam pemilu 2019," kata Viva Yoga ketika dikonfirmasi, Rabu 26 Desember 2018.

Viva Yoga meminta semua untuk menghargai posisi Amien di lingkungan PAN saat ini. Dia juga menyebut Amien telah punya jasa dalam perkembangan demokrasi saat ini.

"Pak Amien Rais selama ini telah memberikan kontribusi bagi perjuangan demokrasi. Dan pak Amien Rais dipilih kongres PAN di Bali sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN," ujar Viva Yoga.

Dia mengaku menghargai para pendiri partai tersebut. Namun, dia juga meminta mereka untuk menghormati dan mempercayakan pengurus partai serta tidak merasa benar sendiri.

"Merasa sikapnya adalah kebaikan untuk membangun demokrasi.  Untuk itu, saling menghormati dan tabayyun adalah sikap yang bijak," kata Viva Yoga.

Sebelumnya, salah satu pendiri PAN, Goenawan Mohammad membenarkan adanya surat terbuka berisi permintaan agar Amien Rais mundur. Selain meminta Amien mundur, para pendiri PAN itu berharap ada peran generasi penerus PAN.