Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 18 Januari 2019 | 00:12 WIB

Banggakan Menteri Perempuan, Jokowi Sebut Sosok Nekat Susi Pudjiastuti

Team VIVA »
Hardani Triyoga
Eduward Ambarita
Mohammad Yudha Prasetya
Foto :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Moderator Ira Koesno (kanan) menunjukkan undian pertanyaan yang diambil pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin dalam Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.

VIVA – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo membangakan jumlah menteri dari kalangan perempuan terbanyak sepanjang sejarah. Ia menyebut ada sembilan menteri perempuan dalam Kabinet Kerja.

Baca Juga

Pernyataan Jokowi itu diawali pertanyaan kepada rivalnya, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, terkait inkonsistensi dalam memberdayakan kaum perempuan.

Jokowi merujuk daftar elite perempuan di Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo. Kata dia, partai besutan Prabowo itu masih minim keterwakilan perempuan.

Terpopuler

Membandingkan akan hal itu, Jokowi pun menyebut sembilan menteri perempuan di kabinet pemerintahannya.

Ia menyebut satu per satu mulai dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani. Selain itu ada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Baca Juga

Namun, yang menarik, di sela-sela menyebutkan nama anak buahnya itu, Jokowi mengingat nama Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. Ia membanggakan sosok Susi yang kerap mengundang kontroversi karena kebijakan beraninya yaitu menenggelamkan kapal.

"Kemudian yang berani dan nekat, Menteri Kelautan dan Perikanan," kata Jokowi.

Tidak berhenti di situ. Jokowi juga menyebut keberpihakannya kepada kalangan perempuan pada penunjukan sebagai Panitia Seleksi pimpinan KPK. Saat itu Ketua Pansel dipimpin seorang ekonom perempuan bernama Destry Damayanti.

Kelompok kerja itu diisi delapan anggota yang semuanya bergender perempuan. "Mereka (pansel) bisa memilih komisioner terbaik," kata Jokowi.

 

Saksikan Juga
Bupati Kuningan: Kepala Desa Tidak Pilih Jokowi Itu Laknat
TVONE NEWS - 1 hari lalu
Topik
  • Dapatkan berita terkini setiap hari
  • Ikuti kami di media sosial: