Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 18 Januari 2019 | 17:42 WIB

Fahri Hamzah: Debat Capres di Afrika Saja Enggak Pakai Kerpean

Team VIVA »
Hardani Triyoga
Lilis Khalisotussurur
Foto :
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

VIVA – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menilai, debat perdana capres-cawapres sebagai sandiwara yang membuat malu. Ia membandingkan proses debat capres di Afrika pun tak ada yang menggunakan teks contekan.

"Ini sandiwara yang membuat kita sangat malu, apalagi kalau dilihat negara-negara lain. Coba lihat di youtube, ada debat capres di Afrika sana saja, itu enggak ada yang pakai kerpean (contekan)," kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Jumat 18 Januari 2019.

Terpopuler

Fahri heran karena Indonesia merupakan negara yang demokrasinya maju nomor empat di dunia. Tapi, ia menyindir justru demokrasinya direkayasa. Kata dia, seorang capres harus berani debat.

"Biarin kok takut presiden kita enggak bisa debat, salah sendiri, kenapa maju jadi capres. Itu istilahnya konyol gitu. Debat itu kan adu argumen, itu artinya argumen yang keluar dari mulut secara spontan," ujarnya.

Baca Juga

Ia menyebut debat capres itu seperti debat kampanye. Dengan debat maka rakyat ingin tahu capres punya argumen apa.

"Artinya yang ditanya dianya secara pribadi. Dia nggak boleh bergantung pada yang lain gitu. Sekarang ini dengan dibocorkannya soal, kisi-kisi," tuturnya.

Debat perdana capres-cawapres sudah berlangsung pada Kamis kemarin, 17 Januari 2019. Tema debat perdana ini terkait isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. (mus)

Topik Terkait
Saksikan Juga
VIVA Top3: Ethiopian Airlines Jatuh, KRL Anjlok & Hendra/Ahsan Juara All England 2019