TKN: Dukungan PBB Makin Mengikis Label Jokowi Anti Islam

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Partai Bulan Bintang (PBB) resmi menyatakan dukungan terhadap pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk Pemilihan Presiden 2019. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Arsul Sani, menyebut hal itu membuktikan suara umat Islam ke Jokowi.

"Dukungan PBB kepada paslon 01 semakin mengikis labeling bahwa Jokowi itu anti Islam," kata Arsul lewat pesan tertulisnya, Senin 28 Januari 2019.

Menurut Arsul, sikap politik PBB berlawanan dengan anggapan yang selama ini dikembangkan lewat berbagai hoaks yang tersebar di media sosial. Dia juga menilai dukungan itu membuktikan koalisi pendukung Jokowi terbuka dengan partai lain.

"Dari sisi peran parpol, pergeseran sikap politik PBB ini juga menunjukkan sikap keterbukaan yang lebih baik pada parpol-parpol KIK yang membuka pintu bagi kekuatan politik lainnya untuk bergabung," ujar Arsul.

Kemudian, Arsul menambahkan, partai apa pun yang ada di koalisi pendukung Jokowi mempunyai perannya masing-masing dalam pemenangan nanti. "Selama ini di KIK memang partai-partai berbagi peran, sehingga tidak ada yang merasa dikecilkan perannya," kata Arsul.

Sebelumnya, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menegaskan, partai yang dipimpinnya menyokong Jokowi-Ma’ruf. Dia juga menyebut tidak ada Poros Mekah yang mendukung ijtima ulama sebagai arah politik PBB di Pilpres 2019.

"PBB secara resmi dan organisatoris memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Kalaupun ada pribadi-pribadi anggota yang berbeda pandangan, sebagai partai demokratis, PBB menghormati perbedaan pandangan itu," ujar Yusril melalui pesan singkatnya, Sabtu 26 Januari 2019. (art)