Caleg Imbau Tak Dipilih, PBB Tangerang: Jangan Mundur

Ilustrasi pemilu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Sejumlah calon anggota legislatif dari Partai Bulan Bintang memberi pengumuman kepada masyarakat secara serentak, untuk tidak memilih mereka pada saat Pemilu, April 2019 nanti.

Salah satunya calon legislatif DPR RI, Arditia. Dalam poster yang terpajang foto, dia memakai baju koko tersebut tertulis imbauan untuk tidak memilihnya. 

Salah satu kalimat imbauannya yakni, "Sungguh Suara Anda Akan Lebih Berarti Memilih Caleg dari Partai Islam Yang Lainnya Yang Benar-benar Pro Ummat, Pro Ulama dan Pro Hasil Ijtima Ulama Mengenai Pilpres".

Dikonfirmasi, Sekretaris Partai Bulan Bintang (PBB) Tangerang, Asnawi Arsyad membenarkan adanya hal tersebut. Dia menjelaskan, Arditia bukan kader dari PBB, melainkan calon legislatif eksternal dan masuk dalam kepengurusan Front Pembela Islam (FPI).

"Kalau itu saya sudah dengar, tetapi yang bersangkutan bukannya kader internal, melainkan kader eksternal. Terkait ini, belum ada juga keputusan dari FPI atas pengunduran diri atau imbauan tersebut karena mereka masih akan mengadakan rapat," katanya kepada VIVA, Rabu 30 Januari 2019.

Hal itu diduga sebagai bentuk kekecewaan para kader eksternal, sehingga secara serentak melakukan pengunduran diri dan imbauan untuk tidak dipilih.

Menurut Aswan, dari PBB pun hingga saat ini belum ada keputusan. Namun, ia meminta, agar para caleg tidak melakukan hal itu, karena para caleg telah mengikuti proses yang panjang pada bursa pemilu tersebut.

"Kami harap sih, tidak undurkan diri dan terus melanjutkan pencalonan, karena sebentar lagi akan pemilihan. Kalau secara partai sebetulnya, kita dibebaskan untuk memilih (secara pribadi) jadi, tidak ada masalah," ujarnya.

Diketahui, Arditia merupakan calon legislatif dengan daerah pemilihan (dapil) 3 di Tangerang Raya. (asp)